DIVISI UTAMA 2017 : Inilah Langkah 3 Tim DIY

28 Desember 2016 08:20 WIB Jumali Sepakbola Share :

Divisi Utama 2017 sebentar lagi digelar

Harianjogja.com, JOGJA — Pelan, namun pasti tiga klub Divisi Utama di DIY mulai bergerak mempersiapkan diri menghadapi turnamen Piala Presiden dan kompetisi Divisi Utama 2017 mendatang.

PSS Sleman, Persiba Bantul dan PSIM Jogja telah merencanakan menggelar seleksi pemain dan berlatih bersama untuk menyiapkan diri menghadapi kompetisi musim depan.

Sempat menghadapi persoalan wisma pemain dan tersingkir lebih dahulu di turnamen ISC B 2016, tidak membuat fokus Persiba menyiapkan tim terganggu. Rekomendasi dari Pelatih Persiba
Manajer Persiba Endro Sulastomo kepada Harianjogja.com, Selasa (27/12/2016) mengatakan, pihaknya telah mendapatkan rekomendasi dari pelatih Persiba Sajuri Sahid terkait dengan pemain yang dipertahankan dan mendapatkan pernyataan kesiapan dari para pemain bahwa mereka siap tetap berbaju Persiba pada musim mendatang.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar rapat internal manajemen untuk memastikan sarana dan prasarana untuk menggelar seleksi serta latihan menghadapi kompetisi.

“Nanti setelah rapat. Yang jelas Januari kami sudah harus mulai bergerak,” tandas Endro. PSS Datangkan 2 Eks Pelatih
Sementara di kubu PSS, persiapan tidak hanya dilakukan dengan mempertahankan 70 persen pemain lamanya. Manajemen juga mendatangkan dua orang eks pelatih tim ISL dan Timnas Indonesia untuk mempresentasikan program kerja. Adapun, satu dari dua nama pelatih itu adalah Eduard Tjong.

Manajer PSS Arief Juliwibowo enggan membeberkan kedua nama pelatih tersebut. Pria yang kesehariannya bekerja sebagai dokter di RSUD Sleman ini berharap pada pertengahan Januari tim sudah terbentuk. Hal ini dikarenakan, PSS akan ambil bagian dalam Piala Presiden pada pertengahan Februari mendatang. Sementara untuk menambal pemain, saat ini PSS mengincar sejumlah pemain yang sempat bermain di babak delapan besar ISC B 2016. Sebut saja, Ugik Sugiyanto, Rendy Saputra dan Johan Juansyah.

“Harapannya, para pemain baru ini sudah bisa bergabung dan berlatih bersama dengan pelatih baru dan berlatih pada pertengahan Januari,” harap Arief.


PSIM Undang Pemain Lama

Sedangkan kubu PSIM Jogja, sampai saat ini masih menunggu waktu tepat untuk menentukan seleksi pemain. Rencana awal manajemen PSIM akan mulai menggelar seleksi dengan mengundang pemain lama yang dipertahankan dan pemain baru pada Januari mendatang.

Sekretaris PSIM Jarot Sri Kastawa mengatakan meski belum bertemu dengan carateker pembentukan tim, Erwan Hendarwanto namun dipastikan pembentukan tim akan berjalan sesuai dengan rencana. Bahkan, gerakan pencarian pemain sudah dilakukan oleh Erwan Hendarwanto sejak dimulainya babak delapan besar Liga Nusantara. Dengan komposisi 70 persen pemain lama ditambah beberapa pemain baru hasil seleksi atas pengamatan di babak 8 besar Liga Nusantara, diharapkan pembentukan tim akan lebih mudah dan cepat terbentuk.

“Soal teknis lainnya nanti kami menunggu pelatih,” sambung Jarot.

Carateker pelatih PSIM, Erwan Hendarwanto mengatakan sedikitnya telah mendapatkan lima pemain baru hasil pengamatan di Liga Nusantara. Kelima pemain di beberapa posisi tersebut rencananya akan disampaikan ke manajemen untuk segera ditindaklanjuti oleh manajemen. “Nanti terserah manajemen,” ucapnya.