ISC B 2016 : Hadapi Perserang, PSS Siapkan Strategi Khusus

09 Desember 2016 07:20 WIB Jumali Sepakbola Share :

ISC B 2016 untuk 8 besar digelar Jumat (9/12/2016).

Harianjogja.com, JEPARA — Laga berat bakal dijalani oleh wakil DIY pada babak delapan besar ISC B 2016, PSS Sleman di Stadion Gelora Bumi Kartini, Jepara, Jumat (9/12/2016) malam. Anak asuh Seto Nurdiyantoro ini akan berhadapan dengan tim kuda hitam, Perserang Serang pada babak knock-out kali ini. Jika PSS memenangi laga kali ini, maka Skuat Super Elang Jawa akan melaju ke babak semifinal.

Sebagai tim underdog, Perserang kemungkinan besar akan lebih banyak bertahan. Suandi dan kawan-kawan hanya akan melakukan serangan cepat sesekali. Teknik ini sebenarnya sudah diterapkan oleh Perserang dalam beberapa pertandingan terakhir.

Pada lain pihak, strategi Perserang ini bisa menjadi bumerang bagi PSS. Sebab, para pemain PSS harus tampil lebih sabar dan tampil kreatif untuk mencari celah di lini pertahanan Perserang.

Jika langkah membongkar pertahanan Perserang dengan mengandalkan serangan dari pemain sayap gagal, maka Seto Nurdiyantoro harus menerapkan strategi cadangan, yakni memainkan bola panjang dari lini belakang langsung kepada penyerang dan kedua sayap.

Umpan lambung ini diharapkan bisa melewati tembok tebal di lini tengah pemain lawan dan bisa menyalurkan bola langsung kepada para pemain depan.

“Untuk penerapannya, lihat kondisi di lapangan nantinya,” ucap Seto, Kamis (8/12/2016)

Seto akan tetap memasang Riski Novriansyah di lini depan. Keberadaan mantan pemain Sriwijaya FC ini akan ditopang Chandra Waskito dan Dicky Prayoga di sisi sayap. Sementara untuk penyerang lubang, PSS tetap mempercayakan kepada Busari.

Dave Mustaine dan Dirga Lasut bakal difungsikan untuk mengacak-acak lini tengah lawan, dan menarik para pemain lawan. Jika strategi ini tidak maksimal, Seto bisa memasukkan Aulia Ardli yang selama ini juga mampu menjaga tempo permainan.

Sedangkan di lini belakang duet Waluyo dan Eko Pujianto dirasa cukup untuk menghadang laju pemain depan Perserang. Keduanya memiliki kecepatan dan kemampuan membaca permainan yang bagus.

Untuk bek sayap, PSS bisa mempercayakan perannya kepada Crah Angger dan Deny Rumba. Kedua pemain ini selama ini menjadi pilihan utama Seto dalam beberapa pertandingan terakhir. Sedangkan untuk posisi di bawah gawang, Seto bakal mempercayakan kepada Nanda Pradana.