LIGA SANTRI NUSANTARA : Juarai Grup D, Tuan Rumah Melaju ke 16 Besar

ilustrasi sepak bola. (JIBI/Harian Jogja - Dok.)
26 Oktober 2016 03:20 WIB Jumali Sepakbola Share :

Liga Santri Nusantara untuk wakil DIY masuk babak selanjutnya.

Harianjogja.com, SLEMAN -- Wakil DIY, tim sepak bola Nur Iman akhirnya lolos ke babak 16 besar Liga Santri Nusantara (LSN) 2016.

Tim asal Mlangi, Sleman ini lolos setelah menjadi juara Grup D babak 32 besar LSN 2016 yang digelar di Stadion Tridadi, Sleman dan Stadion Sultan Agung Bantul, Senin (24/10/2016) dan Selasa (25/10/2016). Dari tiga kali pertandingan yang dilakoni, Nur Iman mampu mengemas 6 poin dari dua kali menang dan sekali kalah.

Dua kali kemenangan Nur Iman didapatkan saat melawan PPI Kabalang Pinarang dengan skor 3-0 di Stadion Tridadi, Sleman, Senin (24/10) pagi. Sedangkan kemenangan kedua dari anak asuh Eko Setiawan didapatkan di Stadion  Sultan Agung, Bantul dengan menekuk Daruttaibin, Tulungagung, dengan skor 2-1, pada malam harinya.

Akan tetapi, kegemilangan permainan anak-anak Nur Iman gagal diteruskan karena ditekuk dengan skor 1-2 saat melawan wakil Sumatera, Hidayatussalikin, di Stadion Tridadi, Sleman, Selasa (25/10/2016) pagi. Nur Iman sejatinya unggul terlebih dahulu pada menit ke-7 melalui kaki Yudha Guntur.  Namun, 13 menit kemudian, Suriyan dari Hidayatussalikin berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Puncaknya, pada menit ke-69, Fajriansyah berhasil menjebol gawang Nur Iman yang dijaga oleh Dedi dan mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk keunggulan Hidayatussalikin. Keunggulan wakil Sumatera ini pun berakhir hingga sang pengadil meniup peluit tanda selesai pertandigan.

Manajer Nur Iman, Rifqi Aziz Maksum mengatakan, meski kalah pada laga terakhir, timnya tetap lolos ke babak 16 besar dan menjadi juara grup.

Pria yang akrab dipanggil Gus Rifqi ini mengungkapkan, pada laga ketiga, skuatnya sengaja diisi oleh para pemain lapis kedua. Selain, sudah mengantongi 6 poin, kejelasan lolos ke babak 16 besar membuat timnya tidak terlalu fokus di laga terakhir.

"Kami memang menyimpan tenaga untuk babak 16 besar. Kemarin [Senin (24/10/2016)] pemain sudah main maksimal di dua laga. Hari ini (kemarin) kami maksimalkan pemain pelapis," katanya kepada Harian Jogja usai pertandingan.

Menurut Rifqi, di babak 16 besar nanti timnya akan berhadapan dengan runner-up Grup H di Stadion AAU, Kamis (27/10). Adapun untuk pertandingan perebutan posisi runner-up grup H masih akan digelar hari ini. Tercatat ada tiga tim di Grup H yang masih berpeluang lolos ke babak 16 besar yakni wakil dari Jawa Barat IV, Sumatera dan Jawa Tengah.

"Siapa pun lawannya kami siap. Saat ini pemain sedang recovery dan siap untuk pertandingan selanjutnya," imbuh Rifqi.