ISC B 2016 : Meski Skuat Pincang, PSS Sleman Tundukkan Kalteng Putra 3-1

Jadwal Siaran Pertandingan Sepakbola (Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja - Dok)
08 Oktober 2016 19:08 WIB Arief Junianto Sepakbola Share :

ISC B 2016 yang mempertemukan PSS Sleman dan Kalteng Putra berhasil dimenangkan oleh tim tamu

Harianjogja.com, PALANGKARAYA-Tak mau kalah dengan rivalnya, PSIM Jogja, PSS Sleman juga sukses membukukan kemenangan saat berlaga tandang di pertandingan kedua babak 16 besar Indonesia Soccer Championship (ISC) B.

Dijamu Kalteng Putra FC di Stadion Tuah Pahoe, Sabtu (8/10/2016) sore,  skuat asuhan Seto Nurdiyantoro berhasil mempecundangi tuan rumah dengan skor meyakinkan 3-1.

Kendati tak diperkuat sejumlah pemain andalannya, skuar Super Elang Jawa (Elja) ternyata tetap tampil percaya diri. Bahkan mereka terbilang mampu mengimbangi permainan tim tuan rumah.

Namun di babak pertama, permainan sebenarnya bisa dikatakan monoton. Kedua tim seolah belum mengeluarkan permainan terbaiknya. “Mungkin karena cuaca juga sangat terik,” kata Seto saat dihubungi usai pertandingan.

Beruntung, ketika pertandingan memasuki menit ke 33, gelandang PSS Sleman Dave Mustain sukses mencetak gol sekaligus mengubah skor menjadi 1-0 untuk Super Elja. Tempo permainan yang lamban di babak pertama memang praktis membuat pertandingan menjadi terkesan monoton.

Bahkan, saat mendekati penghujung babak pertama, skuat Super Elja justru mulai keteteran. Beruntung, lemahnya skema serangan tuan rumah membuat mereka gagal menyamakan kedudukan. Hingga jeda turun minum, PSS Sleman masih unggul dengan 1-0.

Barulah di babak kedua, skuat PSS Sleman mulai mendominasi permainan.

Bagi Seto, di awal babak pertama skema permainan dan karakter permainan skuatnya memang belum sepenuhnya tampak. Namun di pertengahan babak, aliran bola sudah mulai lancar. "Di babak pertama kami banyak peluang tapi belum banyak gol yang bisa disarangkan," katanya.

Kemudian seusai rehat, kedua tim silih berganti menyerang. PSS mampu menambah perbendaharaan gol melalui Busari dan Waskito Chandra. Menjelang akhir laga, Waluyo dianggap melanggar pemain lawan dan mendapatkan hukuman penalti. Eksekusi Trias Budi membuat skor akhir 1-3 untuk keunggulan PSS.

Kemenangan PSS Sleman itu sekaligus menggenapi pesta tim DIY di kandang lawan. Jumat (7/10/2016) malam lalu, di luar dugaan PSIM Jogja juga sukses mempecundangi tuan rumah Persiraja Banda Aceh dengan skor tipis 2-1. Dua gol PSIM Jogja masing-masing dicetak oleh Rangga Muslim dan Engkus Kuswaha.