ISC B 2016 : PSS Sleman Gagal Amankan 3 Poin Pertama

Jadwal Siaran Pertandingan Sepakbola (Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja - Dok)
01 Oktober 2016 19:54 WIB Arief Junianto Sepakbola Share :

ISC B 2016 mempertemukan PSS Sleman dengan Persepam Madura

Harianjogja.com, SLEMAN-Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, PSS Sleman gagal mengamankan tiga poin pertamanya di babak 16 besar Indonesia Soccer Championship (ISC) B. Menjamu Persepam Madura Utama di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (1/10/2016), skuat asuhan Seto Nurdiyantoro harus puas berbagi angka 1-1.

Sempat kesulitan mengembangkan permainan di awal babak pertama saat menjamu Persepam Madura Utama, Sabtu (1/10/2016) di Stadion Maguwoharjo, skuat PSS Sleman akhirnya sukses menutup babak pertama dengan skor 1-0. Satu-satunya gol Super Elang Jawa (Elja) dicetak oleh Tri Handoko di menit ke-38.

Di awal babak pertama, skuat asuhan Seto Nurdiyantoro memang kesulitan dalam serangan. Sebaliknya, tim tamu justru yang berinisiatif menyerang. Sementara Super Elja hanya sesekali menyerang.

Satu-satunya peluang emas PSS Sleman diperoleh Dave Mustain di menit ke-12. Bola hasil sundulan kepalanya sebenarnya gagal dibendung kiper tamu, Annas Fitrianto. Tapi lantaran dianggap offside, maka gol itu pun dianulir wasit.

Gol pemecah kebuntuan Super Elja lahir ketika pertandingan memasuki menit ke-38. Berawal dari tendangan sudut yang dilakukan Dicky Prayoga dari sisi kanan pertahanan tim tamu, Busari yang menyambut bola melepaskan umpan ke sudutĀ  jauh.

Beruntung, Tri Handoko yang memang memiliki kelebihan dalam penempatan posisi, menyambut bola itu. Tanpa penjagaan bek lawan, gelandang bernomor punggung 10 itu pun sukses menggetarkan jala gawang tim tamu. Skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Unggul satu angka di babak pertama ternyata gagal dimanfaatkan skuat Super Elja. Sebaliknya, di awal babak kedua, justru tim tamu lah yang serangannya lebih terpola. Di menit ke-53, gawang PSS Sleman yang dikawal Agung Prasetya nyaris kebobolan jika saja tendangan akrobatik Reza Mustofa tak melambung tinggi.

Memang masuknya Reza Mustofa di awal babak kedua membuat serangan Persepam Madura Utama kian tajam. Terbukti, berawal dari umpan crossing Qischil Gandrum di sayap kanan, Reza Mustofa yang berdiri bebas menyambut bola dengan sundulan kepala.

Alhasil, bola sundulannya itu pun gagal diantisipasi oleh kiper Agung Prasetya. Skor pun berubah menjadi 1-1. "Sore ini memang banyak yang jadi catatan saya. Diantaranya adalah komunikasi yang buruk antara kiper dan bek," kata Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro saat jumpa pers usai pertandingan.

Laga yang berjalan menarik itu sempat tercoreng oleh ulah suporter PSS Sleman yang melakukan pelemparan ke arah bena pemain Persepam. Pelemparan itu sendiri dipicu oleh perkelahian antara Reza Mustofa dan bek PSS Sleman Eko Pujiyanto di menit ke-73. Akibatnya, wasit pun mengganjar keduanya dengan kartu merah.