ISC B 2016 : Sore Ini PSS Merumput di Lapangan TGP

Manajer PSS, Arif Juli Wibowo (Facebook)
27 Mei 2016 09:40 WIB Arief Junianto Sepakbola Share :

ISC B 2016 belum sepenuhnya berpihak kepada PSS Sleman. Tim berjuluk Laskar Sembada ini akan menggelar latih tanding melawan salah satu klub lokal di Lapangan TGP.

Harianjogja.com, SLEMAN -- PSS Sleman direncanakan bakal menjalani latih tanding melawan klub lokal, TGP di lapangan Tentara Genie Pelajar, Godean, Sleman, Jumat (27/5/2016) sore.

Latihan ini dilakukan untuk beradaptasi dengan kondis lapangan yang kurang layak dan menghindari kejenuhan pemain.

“Lagipula, lapangan Stadion Tridadi, juga dipakai. Kami mengalah saja,” kata Manajer PSS Arif Juliwibowo saat ditemui usai mendampingi skuat Super Elang Jawa berlatih di Stadion Tridadi, Kamis (26/5/2016) sore.

Sementara Pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro menilai bahwa latihan kali ini diharapkan memberikan suasana baru bagi pemain. Begitu juga dengan menghadapi tim lokal, ia berharap skuatnya bisa tetap menjaga sentuhan terhadap bola.

“Karena kalau hanya simulasi terus, bisa jadi mereka [pemain] jenuh,” kata Seto.

Meski demikian, ia menegaskan, laga latih tanding itu bukan tanpa tujuan teknis. Dari hasil evaluasinya sejak pertandingan pertama hingga ke-4, semua lini masih memerlukan perbaikan.

Seto melihat, lini belakang kerap mendadak kehilangan konsentrasi. Alhasil, koordinasi saat menahan serangan menjadi berkurang dan hal ini fatal.

“Buktinya, hampir semua gol yang tercipta ke gawang kami karena buruknya koordinasi lini belakang,” tegasnya.

Begitu pula dengan lini tengah dan depan. Dijelaskannya, lini tengah kerap kehilangan kekreativitasan, terutama dalam membongkar pertahanan tim yang menerapkan sistem ‘parkir bus’.

Sementara untuk lini depan, Seto menilai naluri gol pemain depannya masih perlu diasah lagi. Selama ini banyak peluang yang gagal dikonversikan menjadi gol.

“Contohnya saat menjamu PS Mojokerto Putra lalu. Beberapa pemain gagal cetak gol meski mereka sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper lawan,” ucapnya.