KLB PSSI : KLB Masuk Agenda Kongres Tahunan PSSI

PSSI (PSSI.Org)
24 Mei 2016 15:35 WIB Redaksi Solopos Sepakbola Share :

KLB yang sempat diwacanakan oleh anggota PSSI masuk dalam agenda kongres tahunan yang digelar di Balikpapan, Agustus mendatang.

Harianjogja.com, JAKARTA — PSSI sudah menyiapkan Kongres Luar Biasa sebagai agenda bahasan dalam Kongres tahunan di Balikpapan yang sudah ditetapkan bakal diundur hingga Agustus, dari rencana awal 1 Juni 2016.

KLB yang dimaksud PSSI adalah untuk mengisi dua slot Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang kini kosong karena Johar Lin Eng dan Gusti Randa memilih mundur beberapa waktu lalu.

Hal tersebut dijelaskan oleh acting president PSSI, Hinca Pandjaitan, selepas memimpin rapat Exco PSSI pada Senin (23/5) kemarin, di Kantor Pusat PSSI, Jakarta Pusat.

"Tentu akan ada cara mengisinya (anggota Exco yang mengundurkan diri), cara mengisi orang di Exco itu namanya Kongres Luar Biasa," buka Hinca menjawab pertanyaan awak media, Selasa (24/5/2016).

"Makanya, nanti itu masuk agenda di Kongres tahunan, maka itu harus kita siapkan Kongres Luar Biasa untuk memilih, mengisi dua kursi yang kosong tersebut," tambah politikus Partai Demokrat itu.

Belakang KLB memang jadi hal yang diserukan sebagian anggota PSSI yang tergabung dalam Kelompok 85. Itu tak lepas dari status La Nyalla Mahmud Mattalitti yang kini sedang entah berada di mana.

Hinca sebagai wakil ketua umum ditunjuk menjadi acting president karena menurut statuta PSSI, wakil tertua bisa menjalankan tugas jika ketum berhalangan. Status acting president sendiri hanya bisa bertahan hingga Kongres terdekat.

"Menurut statuta kita, pasal 40 ayat 6, masa acting president ini sampai Kongres terdekat. Jadi kalau Kongresnya besok pagi, maka besok pagi lah, kalau besok lusa, besok lusa lah," tandas pria yang pernah menjadi ketua Komdis PSSI itu.