PIALA GUBERNUR KALTIM : SEMEN PADANG VS PERSIBA : Preview dan Prediksi

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja - Dok)
29 Februari 2016 12:35 WIB Redaksi Solopos Sepakbola Share :

Piala Gubernur Kaltim akan mempertemukan Semen Padang melawan Persiba. Berikut prediksi dan preview pertandingan antara kedua kesebelasan.

 
Harianjogja.com, BALIKPAPAN — Sebelum memulai debut di gelaran Piala Gubernur Kaltim, Semen Padang telah melakoni dua kali uji coba. Hasilnya, 1-1 saat menghadapi PSP Padang di laga amal dan 2-0 ketika dijamu Limapuluh Kota Selection.

Dua laga itu menjadi modal bagi tim Kabau Sirah mengawali langkah di Piala Gubernur Kaltim. Semen Padang akan menghadapi tuan rumah Persiba Balikpapan dalam lanjutan Grup C di Stadion Persiba, Senin (29/2/2016).

Meski begitu, dari dua kali penampilan pasca masuknya 10 pemain baru, tiga diantaranya pemain asing asal Brasil, penampilan skuat asuhan Nilmaizar belum begitu meyakinkan. Pasalnya striker anyar, Tafarel Ellano yang diharapkan memberikan kontribusi belum menunjukan performa terbaik. Sementara Cassio Francisco de Jesus (bek), dan Fernando Chagas belum menyatu dengan tim.

“Tiga pemain asing kami memang butuh waktu agar bisa menyatu dengan tim. Maklum mereka baru pertama kali bermain di Indonesia. Meski demikian saya memiliki keyakinan tiga pemain itu bisa berkembang,” ujar Nil menganalisa tiga armada yang didatangkan agen pemain, Nelson Sanchez itu.

Menyangkut calon lawan yang bakal dihadapi, pelatih kelahiran Payakumbuh itu mengatakan, seluruh tim yang tergabung di grup C memiliki peluang yang sama untuk lolos kebabak semifinal. Tim pelatih menurut Nil telah mempelajari calon lawan melalui komposisi pemain.

“Setidaknya kami tahu bagaimana kualitas dan gaya bermain tim lawan melalui komposisi pemain. Menyangkut taktik, kita lihat saja nanti,” kata Nilmaizar.

Meski tidak mengemban target dari manajemen, Kabau Sirah lanjut Nilmaizar berharap mampu bertahan di Kalimantan Timur hingga akhir turnamen. Artinya, Semen Padang ingin tampil di putaran final atau perebutan posisi tiga dan empat.

“Kami ingin bertahan hingga tanggal 13 Maret. Anak-anak sepakat dengan target itu. Mudah-mudahan terealisasi,” sambungnya.

Menghadapi Persiba, kemungkinan besar Semen Padang menurunkan 11 pemain inti, yakni Jandia Eka Putra di posisi penjaga gawang, kuartet pemain belakang masing-masing Hengki Ardiles, Cassio Francicso de Jessus, Handi Ramdan dan Novan Setya Sasongko.

Sektor sayap kanan ditempati Riko Simanjuntak sebagai pengganti Hendra Bayauw, Vendry Mofu, Chagas yang menggantikan peran Yu Hyun Koo serta Irsyad Maulana. Sementara sektor depan kemungkinan besar milik Tafarel dan M. Nur Iskandar.

Dari catatan yang ada, sejauh ini kedua tim baru dua kali bertemu yakni pada ISL 2010. Dari dua pertemuan itu Semen Padang mengantongi satu kali kemenangan (2-1) saat tampil di Stadion Haji Agus Salim, sementara saat bertandang ke markas Persiba, kedua tim bermain imbang 1-1.