ISC 2016 : PSM Fokus Siapkan Tim Untuk ISC 2016

logo PSM Makassar (JIBi/Harian Jogja - Ligaindonesia.co.id)
17 Februari 2016 14:35 WIB Redaksi Solopos Sepakbola Share :

Indonesia Super Super Competition (ISC) 2016 menjadi fokus dari PSM Makassar. Tim berjuluk Juku Eja ini memilih fokus menyiapkan tim di ajang kompetisi tersebut.

 

 

Harianjogja.com, MAKASSAR — Pelatih PSM Makassar, Luciano Leandro, tidak mempermasalahkan skuatnya absen di Piala Gubernur Kaltim dan Piala Bhayangkara 2016 karena tim Juku Eja tidak mendapat undangan dari panpel kedua turnamen tersebut.

Menurut mantan gelandang PSM dan Persija Jakarta ini, kepastian ini membuat dirinya lebih fokus mempersiapkan tim menghadapi Indonesia Super Competition (ISC) 2016.

"Saat ini tim masih dalam tahap seleksi pemain. Nanti setelah ini baru kami masuk pada tahapan persiapan," ungkap Luciano, Rabu (17/2/2016).

Tidak ikut sertanya PSM pada dua turnamen itu juga membuat Luciano punya waktu lebih banyak untuk mempelajari karakter pemain secara personal sebelum berkompetisi.

"Absennya PSM membuat saya juga bisa mempersiapkan tim secara terprogram. Yang paling awal adalah tahapan persiapan fisik pemain," jelasnya.

Luciano Leandro menambahkan sudah menyerahkan rancangan program persiapan tim ke manajemen. Pada program itu, dalam tiga pekan awal memang tidak agenda mengikuti turnamen.

"Tahapan uji coba setelah tim melewati tahapan persiapan fisik dan pemahaman strategi tim," papar Luciano.

Dikonfirmasi, Sumirlan, Direktur PSM, membenarkan manajemen tidak mendapat undangan dari panpel Piala Gubernur Kaltim dan Piala Bhayangkara. "Tidak ada masalah. Soal uji coba, nanti manajemen akan berkoordinasi dengan coach Luciano," kata Sumirlan.

PSM, lanjut Sumirlan, akan merujuk persiapan tim era Alfred Riedl jelang ISL 2015. Saat itu Juku Eja melakoni uji coba di Surabaya melawan Gresik United dan Persepam Madura United di Stadion Gelora Bung Tomo. Kemudian menjamu Persela Lamongan, Martapura FC, dan Pusamania Borneo FC di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin.

"Kami juga tengah menjajaki kemungkinan mengadakan turnamen mini di Makassar," jelas Sumirlan.

Saat ini, selain PSM Makassar, sejumlah tim ISL juga tidak punya agenda turnamen atau belum melakukan persiapan menghadapi ISC 2016. Di antaranya seperti Gresik United, Persiram Raja Ampat, dan Perseru Serui.