PERSIBA BANTUL : Laga Persahabatan Persiba-PSS

Harian Jogja - Jumali Pesepakbola Persiba Yanuar Ruspuspito meluapkan kegembiraan usai mencetak golnke gawang Persipur
17 Juli 2015 04:20 WIB Sepakbola Share :

Persiba Bantul menantang PSS Sleman dalam laga uji coba.

Harianjogja.com, BANTUL -- Usai Lebaran, manajemen Persiba Bantul menggelar laga persahabatan melawan PSS Sleman di Stadion Sultan Agung Bantul.

"Sehabis Lebaran. Nanti kami gandeng Sleman [PSS] untuk beruji coba di Stadion Sultan Agung," ujar Manajer Persiba Endro Sulastomo kepada Harianjogja.com, Rabu (15/7/2015) siang.

Menurut Endro, keinginan Persiba untuk beruji coba dengan PSS sebenarnya telah lama direncanakan. Awalnya, Manajemen Persiba berkeinginan laga uji coba di kandang Laskar Sultan Agung digelar sebelum kompetisi Divisi Utama 2015 digelar.

Akan tetapi dalam perkembangannya, PT Liga Indonesia sebagai operator kompetisi kasta kedua tertinggi di Tanah Air menyatakan kompetisi Divisi Utama batal digelar. Alhasil, laga uji coba batal digelar. Padahal, Persiba sempat menjalani laga uji coba melawan PSS dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo, saat Skuat Super Elang Jawa masih diarsiteki oleh Siswanto.

"Jadi ini akan jadi ajang balasan. Kami sempat main di Maguwoharjo, nanti PSS main di Sultan Agung," tandas Endro.

Endro mengungkapkan selain jadi ajang balasan, laga uji coba melawan PSS juga tidak akan berpengaruh terhadap penampilan dan pemetaan kekuatan tim di grup Jawa Tengah. Hal ini terjadi setelah Tim Transisi menyatakan ada perubahan tim yang berada di grup Jawa Tengah.

Awalnya, Tim Transisi menempatkan PSS dan Persiba berada satu grup di fase penyisihan grup Jawa Tengah. Namun dalam perkembangannya, Tim Transisi memindah PSS ke grup Jawa Timur. "Jadi, kami tidak berada satu grup. Jika satu grup tentu rawan jika melakukan uji coba," terang Endro.

Endro menyatakan meski tidak menargetkan kemenangan maksimal pada laga uji coba melawan tim besutan Nova Ariyanto itu, Manajemen Persiba tetap mempersiapkan tim. Skuat besutan Sajuri Syahid direncanakan bakal menjalani latihan perdana di Stadion Sultan Agung, 22 Juli.

Endro menyebutkan pada latihan perdana nantinya sebanyak 20 pemain yang berasal dari DIY dan luar DIY dipastikan ambil bagian. Setelah menjalani satu dua kali latihan perdana di Stadion Sultan Agung Bantul, tim Persiba akan menjalani laga uji coba melawan tim sepak bola Porda Kota Jogja.

"Nanti kami juga rencanakan lawan tim sepak bola Porda Kota sebelum melawan PSS," tandas Endro.

General Manajer PSS Soekoco membenarkan adanya keinginan dari Manajemen Persiba untuk melakukan uji coba dengan PSS di Stadion Sultan Agung, Bantul. Meski demikian belum ada jawaban resmi dari Manajemen PSS, karena masih harus melakukan koordinasi dengan para pemain. "Iya ada rencana. Kita lihat saja nanti," ucap Soekoco.