KOMPETISI FUTSAL NASIONAL : Jogja Tuan Rumah FSL Seri II

Ilustrasi Futsal ((JIBI/Harian Jogja - wordpress.com)
17 Mei 2015 06:15 WIB Sepakbola Share :

Kompetisi futsal nasional digelar di Jogja.

Harianjogja.com, JOGJA - Kompetisi Futsal Super League (FSL) 2015 Seri II bakal berlangsung di Jogja, 18-26 Mei mendatang. Dua tempat penyelenggaraan, GOR Amongraga dan Pangukan, Sleman menjadi ajang unjuk kualitas 16 tim futsal tingkat nasional untuk berebut tiket seri ketiga yang berlangsung di Jakarta, 5 Juni nanti.

16 tim terdiri dari delapan tim putra dan delapan tim putri. Tim putra masuk dalam grup A seri kedua. Kualifikasi seri kedua untuk grup B berlangsung di Surabaya. Delapan tim lainnya yang bermain di Jogja merupakan tim putri. Kualifikasi Woman Futsal Super League (WFMS) dipecah menjadi grup C dan D. Masing-masing grup berisi empat tim.

Ketua Asosiasi Futsal Daerah (AFD) DIY Armando Pribadi mengungkapkan, kesempatan Jogja menjadi tuan rumah kualifikasi seri kedua FSL dan WFSL 2015 merupakan peluang emas.
Momen tersebut bisa menjadi ujian kesiapan Jogja dalam menyelenggarakan kejuaraan futsal berskala besar. Apalagi rencananya, Jogja ditunjuk menjadi tempat penyelenggara kejuaraan futsal antarnegara Asia Tenggara berlabel AFF Cup, Oktober mendatang.

"Babak ini adalah kelanjutan dari seri pertama yang berlangsung di Bandung. Dalam seri kedua ini kami harapkan masyarakat Jogja mendapatkan suguhan hiburan setelah tak ada kompetisi sepakbola saat ini," ujar Armando kepada wartawan, Kamis (14/5/2015).

Guna mewujudkan harapan itu, pihaknya akan menyebar tiket gratis sebanyak 2100 lembar pada sejumlah kalangan yang punya antusias dalam dunia futsal.

"Tiket gratis khusus untuk momen pembukaan yang akan dilaksanakan Senin nanti. Harapannya masyarakat punya antusias tinggi untuk memeriahkan kejuaraan yang sedang berlangsung ini," tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan waktu jeda selama sehari bagi semua tim yang akan berjibaku. Jeda bertanding akan dilakukan Kamis (21/5/2015), tujuannya semua tim bisa menikmati libur di Jogja yang sudah terkenal sebagai destinasi wisata.

"Sekaligus agar punya energi baru untuk memanfaatkan peluang lolos ke semifinal di Jakarta," jelas dia.

Sayangnya, tak ada tim futsal dari Jogja di seri kedua itu. Tim GPS Jogja sudah tersingkir lebih awal di babak kualifikasi penentuan tim yang akan ikut di FSL 2015.

Kendati begitu, Asosiasi Futsal Indonesia (AFI) tetap menunjuk Jogja sebagai penyelenggara kompetisi yang sudah masuk ke seri kedua ini. Tujuannya tak lain untuk mengangkat pamor futsal di Kota Pelajar. Kendati futsal sudah menjamur di Jogja, namun masih kalah animonya dengan kota-kota besar lain seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.