Advertisement

PERSIBA BANTUL : Seimbangkan Serangan dan Bertahan

Jumali
Kamis, 26 Maret 2015 - 14:20 WIB
Mediani Dyah Natalia
PERSIBA BANTUL : Seimbangkan Serangan dan Bertahan Harian Jogja - Jumali Pesepakbola Persiba Yanuar Ruspuspito meluapkan kegembiraan usai mencetak golnke gawang Persipur

Advertisement

Persiba Bantul dalam menghadapi Persipur memilih menyeimbangkan serangan dan bertahan.

Harianjogja.com, BANTUL—Pelatih Persiba Bantul Didik Listyantara memastikan bakal menerapkan pola alternatif 4-1-4-1 untuk mendampingi pola baku 3-5-2 pada kompetisi mendatang.

Advertisement

Penerapan pola tersebut dilakukan untuk mengatasi penggunaan pola permainan oleh lawan, sekaligus jika
nantinya pola konvensional 3-5-2 tidak berjalan optimal.

"Untuk sementara saya masih matangkan 3-5-2. Setelah lawan Persipur, Kamis (26/4/2015) sore, saya baru akan mulai menyimulasikan," ungkap Didik kepada Harianjogja.com, Rabu (25/3/2015).

Menurut Didik pola 4-1-4-1 dipilih dengan pertimbangan keseimbangan antara menyerang dan bertahan. Selain itu, pelatih asal Masaran, Sragen itu juga melihat kemampuan dari anak asuhnya saat menjalankan pola tersebut. Sejauh ini, tidak ada kendala berarti dari Wahyu Wijiastanto dalam menerapkan pola 3-5-2.

Jika sebelumnya pada beberapa laga uji coba, yakni melawan Persinga, PSS, PPSM dan PSCS terdapat celah di lini tengah yang belum bisa tertutupi saat transisi menyerang ke bertahan.

Permasalahan itu tidak kembali terjadi pada beberapa laga uji coba terakhir. Selain itu, persoalan ketimpangan antara pemain pelapis dengan skuat utama secara perlahan mampu diatasi.

"Untuk lawan Purwodadi. Saya akan tetap campur antara pemain utama dengan pelapis," ungkap Didik.

Pertemuan antara Persipur dengan Persiba kali ini adalah kali kedua. Sebelumnya Persipur sempat dikalahkan oleh Persiba dengan skor 3-0 di Stadion Sultan Agung Bantul, Rabu (18/3). Tiga gol Persiba dicetak oleh Yanuar Ruspuspito, Dicky Firasat dan Heru Kuswanto.

Meski menang 3-0, Didik menyatakan dirinya belum puas dengan penampilan skuatnya. Hal ini terjadi lantaran masih banyak peluang yang gagal dikonversikan menjadi gol.

"Ini yang akan kami lihat pada laga uji coba kali ini," terang Didik.

Pelatih Persipur Wahyu Teguh mengungkapkan secara perlahan skuatnya mengalami peningkatan. Seusai
dikalahkan Persiba dan menahan imbang 1-1 PSIM, Kamis (19/3) lalu di Stadion Mandala Krida, eks pemain PSS Sleman itu melihat perkembangan komunikasi dan transisi pemain menunjukkan peningkatan.

"Untuk laga uji coba kali ini, saya akan kembali melihat penampilan anak-anak. Apakah kerja sama dan instruksi yang kami berikan bisa berjalan dengan maksimal," ucap Wahyu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement