PERSIBA BANTUL : Laskar Sultan Agung Pilih Blusukan

Pesepak bola Persiba Bantul Slamet Nur Cahyo (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Persiraja Banda Aceh Andrea (kiri) dan Ahmad Yani (kanan) pada kompetisi Play Off IPL 2013 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (19/10). Pertandingan tersebut dimenangkan Persiba Bantul dengan skor 4-2. ANTARA FOTO/Regina Safri/ed/Spt - 13.
11 Maret 2015 06:20 WIB Sepakbola Share :

Persiba Bantul memilih blusukan untuk mematangkan skema.

Harianjogja.com, BANTUL - Persiba Bantul memilih melakukan roadshow ke kampung-kampung untuk menjajal tim-tim lokal di Kota Geplak guna mematangkan skema permainan setelah kembali berlatih, Senin (9/3/2015).

Rencananya Laskar Sultan Agung, julukan Persiba, akan menghadapi delapan tim lokal yang selama ini berkompetisi di bawah naungan Pengcab PSSI Bantul. Blusukan perdana akan dimulai Rabu (11/3/2015) di Lapangan Prancak, Kecamatan Sewon melawan tim Porak Jaya FC, tim yang berkompetisi di Divisi Super Pengcab PSSI Bantul.

Sekretaris Persiba Wikan Werdho Kisworo menyampaikan, ada lima roadshow yang akan dilakukan dalam waktu yang berdekatan. Kendati begitu, pihaknya belum mengatur waktu pelaksanaan. Tim yang akan menjadi lawan tanding pun belum ditentukan. Baru Porak FC yang positif menjadi lawan tanding mengingat momennya adalah blusukan perdana.

"Memang waktu pelaksanaan serta tim yang akan dihadapi tidak kami rancang sedemikian rupa. Tapi kami yakin roadshow ini tetap berjalan meski sifatnya dadakan," ujar Wikan kepada Harianjogja.com, Senin (9/3/2015).

Lebih lanjut Wikan menjelaskan, roadshow akan menyasar ke lima kecamatan yang ada di Bumi Projo Tamansari. Kelima kecamatan yang akan dikunjungi yakni Sewon, Kasihan, Kretek, Piyungan dan Pleret. Pertandingan-pertandingan tersebut nantinya tidak hanya sebagai ajang meningkatkan kebugaran fisik pemain saja.

Lebih dari itu, lanjut Wikan, roadshow menjadi sarana manajemen untuk bersilaturahmi dengan masyarakat dalam upaya menarik dukungan untuk mendukung langsung. Terutama ketika juara Divisi Utama 2011 itu kembali berlaga di pentas kompetisi resmi, kendati musim ini harus turun tahta.

"Kami ingin masyarakat di Bantul ini memiliki ikatan emosional dengan Persiba. Karena tim ini merupakan kebanggaan masyarakat Bantul," jelas Wikan.

Selepas lima agenda roadshow berakhir, baru Wahyu Wijiastanto dkk akan diproyeksikan menghadapi tim selevel. Manajemen sudah menyiapkan dua pertandingan kontra tim selevel yang semuanya akan berlangsung di Stadion Sultan Agung. Tim yang dipersiapkan juga sebenarnya sudah pernah dihadapi dalam laga persahabatan sebelumnya.

"Bisa PSS, PSIS, Persis atau PPSM Magelang lagi. Semua tergantung mana yang bersedia untuk diajak bermain di SSA," tandasnya.

Usai laga dengan tim selevel itu, manajemen juga sudah merencanakan pertandingan dengan tim ISL. Partai itu sekaligus menutup rangkaian kesiapan Persiba sebelum turun di kompetisi Divisi Utama, April nanti.

Terpisah Pelatih Didik Listiyantara mewanti-wanti punggawanya agar memanfaatkan roadshow ini untuk meningkatkan kemapuan.

"Utamanya bagi pemain pelapis, momen seperti ini sangat bermanfaat untuk mengasah skil dan mental bermain," papar Didik.