PERSIBA BANTUL : Pilih Tarkam daripada Latihan

28 September 2013 00:01 WIB Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Kendati aktivitas latihan tidak diikuti oleh seluruh pemainnya, Persiba tetap mengagendakan uji coba.

Sabtu (28/9/2013) sore Persiba akan berlatih tanding melawan PS Lahat. Uji coba tersebut dilakukan untuk menjaga kondisi pemain sebelum melawat ke Rembang menghadapi PSIR, Rabu (2/10/2013), dalam lanjutan Indonesia Premier League (IPL) 2013. Pelatih Persiba Sajuri Syahid menjelaskan, dalam beberapa waktu belakangan ini aktivitas latihan Persiba tidak berjalan lancar.

Meskipun jadwal latihan tetap ada, sebagian pemain tidak mengikutinya karena baru saja bertanding di turnamen antarkampung (tarkam). Hal itu menjadi pilihan sebagian pemain dengan alasan lemahnya kondisi finansial di Persiba. Penggawa Laskar Sultan Agung digaji dari pendapatan tiket laga kandang di Bantul. Di luar itu, tak ada honor untuk pemain.

Sementara, PS Lahat merupakan tim yang saat ini bermain di Divisi Utama PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS).

“Uji coba ditujukan untuk menjaga kondisi anak-anak saja, karena sejak [keuangan] Persiba melemah, sebagian di antara mereka memilih tarkam,” kata Sajuri saat ditemui seusai memimpin latihan di Stadion Suktan Agung, Jumat (27/9/2013).

Sajuri maklum dengan pilihan sejumlah pemain ikut tarkam karena mereka memang tak punya pemasukan.

Sama seperti beberapa waktu latihan sebelumnya, sesi latihan kemarin tidak diikuti oleh sejumlah pemain Persiba. Roberto Kwateh, striker asal Liberia kembali absen dengan alasan kelelahan setelah mengikuti tarkam.

“Kwateh yang tidak datang, dia kelelahan setelah mengikuti tarkam, tapi Eduardo [Bizzaro] dan Eze [Ezequiel Gonzales] tetep datang dan saya sangat menghargai itu,” kata Sajuri.

Dia juga tak punya kewenangan untuk memaksa pemain berlatih.
“Saya tidak dapat berbuat banyak, jika ada pemain, mari latihan. Jika tidak, ya sudah, yang jelas saya sendiri selalu siap,” katanya.

Sesuai jadwal, Persiba masih akan menghadapi tujuh kali pertandingan lagi untuk menyelesaikan IPL musim ini. Dari tujuh laga itu, tiga merupakan laga tandang dan empat kandang. Dalam partai away, Persiba akan menghadapi PSIR Rembang, Semen Padang dan Bontang FC. Sementara empat laga kandang yang menanti Persiba adalah melawan PSM Makassar, Persijap Jepara, Arema Malang dan Perseman Manokwari.