PIALA KONFEDERASI : Gulung Tahiti, Uruguay Jumpa Brasil di Semifinal

24 Juni 2013 04:45 WIB Redaksi Solopos Sepakbola Share :

http://images.solopos.com/2013/06/tahiti2.jpg">http://images.solopos.com/2013/06/tahiti2.jpg" alt="Tim Tahiti bentangkan spanduk "Terimakasih Brazil" (JIBI/SOLOPOS/Rreuters/Marcos Brindicc)" title="tahiti.jpg" width="404" height="290" />

Tim Tahiti bentangkan spanduk "Terimakasih Brazil" (JIBI/SOLOPOS/Rreuters/Marcos Brindicc)


REFICE-Uruguay akhirnya merebut tiket semifinal Piala Konfederasi 2013 setelah menggulung tim lemah Tahiti dengan skor telak 8-0. Lawan mereka di babak empat besar adalah tuan rumah Brasil.

Pada pertandingan di Arena Pernambuco, Recife, Senin (24/6/2013) dinihari WIB, Abel Hernandez menjadi bintang kemenangan Uruguay. Hernandez mencetak empat gol.

Empat gol Uruguay lainnya dicetak oleh Luis Suarez (dua gol), Diego Perez, dan Nicolas Lodeiro.

Dengan kemenangan ini, Uruguay menjadi runner-up Grup B dengan koleksi enam poin dari tiga pertandingan. Sementara itu, Tahiti tetap di urutan terbawah dengan poin nol.

Selanjutnya, Uruguay akan bertemu Brasil yang berstatus juara Grup A. Laga akan dilangsungkan di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Kamis (27/6/2013) dinihari WIB mendatang.

Jalannya Pertandingan

Uruguay cuma butuh waktu dua menit untuk unggul. Hernandez menanduk bola hasil sepak pojok Lodeiro yang sempat dibelokkan oleh Andres Scotti. Kiper Tahiti, Gilbert Meriel, tak bisa mencegah gawangnya bergetar.

Hernandez menggandakan keunggulan Uruguay pada menit ke-24. Mendapatkan umpan terukur dari lini tengah, dia lolos dari jebakan offside dan kemudian mengelabui Jonathan Tehau. Setelah itu, dia dengan mudah menaklukkan Meriel.

Gol ketiga Uruguay tercipta tiga menit kemudian. Walter Gargano mengirim umpan yang disundul Perez. Bola membentur tiang, tapi mengarah ke Perez lagi. Tinggal mendorong si kulit bundar ke dalam gawang, pemain bernomor punggung 15 itu tak kesulitan bikin gol.

Hernandez melengkapi hat-trick-nya pada injury time babak pertama. Berawal dari umpan terobosan Gargano, Hernandez dengan dingin mengirim bola ke tiang jauh tanpa bisa dijangkau oleh Meriel. Babak pertama berakhir dengan skor 4-0 untuk keunggulan Uruguay.

Empat menit babak kedua berjalan, Tahiti terkena hukuman penalti setelah Nicolas Vallar menjatuhkan Matias Aguirregaray di area terlarang. Scotti maju sebagai eksekutor, tapi tembakannya bisa ditangkap oleh Meriel.

Tak lama setelah gagal mengeksekusi penalti, Scotti malah diganjar kartu merah oleh wasit. Sebabnya, dia melanggar Steevy Chong Hue.

Memasuki menit ke-59, giliran Tahiti yang kehilangan pemainnya. Teheivarii Ludivion harus keluar lapangan karena menerima dua kartu kuning.

Uruguay menambah gol lagi pada menit ke-61. Gargano yang melakukan penetrasi di kotak penalti mengirimkan umpan matang yang dikonversi menjadi gol oleh Lodeiro.

Lima menit kemudian, Uruguay kembali mendapatkan hadiah penalti. Kali ini penyebabnya adalah pelanggaran Chong Hue terhadap Aguirregaray. Hernandez maju sebagai algojo dan membawa timnya memimpin 6-0.

Pesta gol Uruguay berlanjut pada menit ke-82. Pemain pengganti Luis Suarez meliuk-liuk menggocek bola untuk mengelabui Henri Caroine sebelum dengan tenang menaklukkan Meriel.

Sebelum pertandingan berakhir, Suarez mencetak satu gol lagi, yaitu pada menit ke-90. Usai menerima umpan dari Hernandez, dia melepaskan tembakan kaki kiri mendatar yang menembus pojok gawang Tahiti.