Wow, Timnas Brazil & Spanyol Bakal ke Indonesia

Ketua umum PSSI Djohar Arifin (JIBI/Solopos - Dok.)
17 Juni 2013 17:30 WIB Redaksi Solopos Sepakbola Share :

[caption id="attachment_416759" align="alignleft" width="150"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/17/wow-timnas-brazil-timnas-spanyol-bakal-ke-indonesia-416758/djohar-arifin-6" rel="attachment wp-att-416759">http://images.harianjogja.com/2013/06/djohar-arifin2-150x150.jpg" alt="" width="150" height="150" /> Djohar Arifin.dok[/caption]

SURABAYA-Dua kesebelasan juara dunia, masing-masing tim nasional Spanyol dan Brazil dijadwalkan mengunjungi Indonesia untuk menggelar pertandingan persahabatan pada tahun ini.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Djohar Arifin Husein saat memberikan sambutan pada Kongres Tahunan PSSI di Surabaya, Senin mengungkapkan tim Spanyol rencananya datang pada September dan diikuti tim Brazil satu bulan berikutnya.

"Kehadiran timnas Belanda yang melakukan laga persahabatan dengan Indonesia membuat beberapa negara lain tertarik datang juga. Mereka antusias melihat sambutan luar biasa dari publik bola di Indonesia," katanya, Senin (17/6/2013).

Djohar mengatakan laga persahabatan timnas Indonesia dan Belanda beberapa waktu lalu disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi hingga ke tujuh negara.

Selain itu, penggemar sepak bola di Tanah Air juga memberikan sambutan luar biasa meriah kepada tim Belanda yang datang dengan sejumlah pemain bintangnya, seperti Robin Van Persie, Dirk Kyut, dan Wesley Sneijder serta pemain legenda Ruud Gullit.

Djohar menambahkan keberhasilan rekonsiliasi PSSI setelah hampir dua tahun dilanda konflik, membuat sepak bola Indonesia mendapat penghormatan cukup besar dari banyak negara.

"PSSI akan terus menjalin kerja sama dengan federasi sepak bola negara lain. Apalagi, AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia) dan FIFA (Federasi Sepak Bola Dunia) juga memberikan dukungan kepada Indonesia," tambah Djohar.

Selain timnas Spanyol dan Brazil, Indonesia juga akan dikunjungi sejumlah klub dari Eropa pada tahun ini, antara lain Arsenal, Chelsea dan Liverpool.

Djohar berharap kehadiran tim dari berbagai negara ke Indonesia mampu mengangkat motivasi timnas Indonesia untuk lebih berprestasi dan persepakbolaan menjadi lebih maju.

PSSI mencanangkan setidaknya dua target untuk timnas Indonesia hingga tahun 2014, yakni merebut medali emas SEA Games 2013 di Myanmar dan menjuarai Piala AFF tahun 2014.