JELANG INDONESIA v SINGAPURA: RD Minta Para Pemain Tunjukkan Mental Mau Menang

07 Juni 2013 19:19 WIB Redaksi Solopos Sepakbola Share :

[caption id="attachment_413594" align="alignleft" width="150"]http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/07/jelang-indonesia-v-singapura-rd-minta-para-pemain-tunjukkan-mental-mau-menang-413593/rahmad-darmawan-antara-2" rel="attachment wp-att-413594">http://images.harianjogja.com/2013/06/Rahmad-Darmawan-Antara-150x150.jpg" alt="" width="150" height="150" /> Rahmad Darmawan.dok[/caption]

SOLO-Pelatih Tim Nasional Usia 23 Indonesia Rahmad Darmawan meminta agar pemainnya harus menunjukkan mental mau menang melawan Singapura pada pertandingan uji coba persiapan SEA Games XXVII 2013 Myanmar di Stadion Manahan Solo, Sabtu (8/6) malam.

"Timnas U-23 Indonesia tanding persahabatan melawan Singapura merupakan sebagai ajang seleksi pemain. Kita juga dapat gambaran kekuatan lawan yang salah satu peserta SEA Game," kata Rahmad Darmawan usai latihan di stadion Manahan Solo, Jumat (7/6/2013) petang.

Menurut Rahmad Darmawan, tim pertandingan uji coba melawan Singapura sangat penting untuk melihat gambaran kekuatan lawan yakni Singapura yang masih banyak diperkuat pemain SEA Game tahun lalu.

Selain itu, Timnas U-23 tersebut, kata dia, juga masih tahap seleksi yakni dari 70 pemain yang dipanggil semuanya memiliki potensi masuk Timnas.

Namun, pemain Timnas U-23 yang dibawa ke Solo untuk melakukan uji coba melawan Singapura, sebanyak 30 pemain.

Menurut dia, pihaknya secara garis besar sudah memiliki gambaran pemain yang akan diturunkan melawan Timnas U-23 Singapura. Tidak mungkin semua pemain akan diturunkan semua dalam sekali pertandingan, mereka yang belum main akan menjalani pertandingan uji coba lagi tanggal 19 Juni di Jakarta.

Pemain Timnas U-23 akan kembali dipanggil melakukan uji coba lagi, pada bulan Agustus mendatang melawan Brunei Darussalam dan Timor Leste.

"Pengerucutan pemain dilakukan setelah melalui pertandingan uji coba tiga gelombang. Kita akan siapkan hingga September 2013 dari 70 pemain mengerucut menjadi 30 pemain. Timnas kemudian dikerucutkan laghi sesuao aturan SEA Game, sekitar 23 pemain," katanya.

Pada pertandingan uji coba melawan Singapura tersebut, kata dia, merupakan kesempatan pemainnya untuk menunjukkan kemampuannya terutama mental ingin menang dan mengeluarkan kualitasnya sebagai timnas.

Sementara sebanyak 30 pemain Timnas U-23 melakukan latihan di Stadion Manahan Solo, dengan dimpimpin langsung oleh Pelatih Rahmad Darmawan, sebelum pertandingan persahabatan melawan Singapura.

Pelatih Rahmad Darmawan dalam seksi latihan melakukan pengenalah konsep bermain dan mengetrapkan strategi permainan persiapan melawan Singapura.

"Kami perlu pemain yang memiliki mental mau menang," katanya.