Timnas Fokus Matangkan Taktik Lawan Belanda

02 Juni 2013 21:21 WIB Redaksi Solopos Sepakbola Share :

http://www.harianjogja.com/baca/2013/06/02/timnas-fokus-matangkan-taktik-lawan-belanda-412307/timnas-31" rel="attachment wp-att-412308">http://images.harianjogja.com/2013/06/Timnas-150x150.jpg" alt="" width="150" height="150" />
JAKARTA- Timnas Indonesia tak punya banyak waktu persiapan sebelum menghadapi Belanda, 7 Juni mendatang. Dengan waktu yang singkat, pelatih Jacksen F. Tiago bakal fokus pada taktik dan kolektivitas tim.

"Saya tahu persis peraturan soal pemanggilan pemain ini. Sehingga kami akan memaksimalkan waktu yang ada. Karena sangat sulit untuk TC sebulan. Tapi, itu tidak masalah, karena pemain saat ini sedang sibuk berkompetisi, itu yang menjadi modal kami,'' ujar Jacksen di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Minggu (2/6/2013).

Timnas Indonesia telah memanggil 21 pemain, yang akan mulai berkumpul pada Senin (3/6) besok. Namun, mereka baru akan mulai menjalani latihan mulai hari berikutnya, Selasa (4/6).

"Tidak masalah latihan cuma dua hari saja. Tapi, kami sudah punya modal itu. Dengan modal tersebut, tinggal kami membangun dan fokus pada teknik saja melawan Belanda. Bagaimana bisa membangun sebuah kualitas itu yang akan saya terapkan di timnas. Saya tidak punya waktu. Makanya saya langsung fokus pada taktik dan kolektivitas tim," terangnya.

Jaksen mengakui, De Oranje merupakan lawan yang sangat kuat. Meski begitu, pelatih Persipura Jayapura akan mencoba memanfaatkan kelemahan lawan.

"Saya punya pertimbangan untuk timnas tampil menyerang dan bertahan. Tetapi, yang pertama kami cari kekuatan lawan, dan kami coba mampu menguasai itu. Yang kedua, kelemahan lawan, kami akan manfaatkan kelemahan lawan. Tapi, untuk pola dan formasi, kalian bisa tahu nanti saat pertandingan," katanya.

"Intinya, saya punya konsep di mana saya akan menerapkan kepada para pemain berdasarkan kinerja dan tugas masing-masing pemain. Saya akan menerapkan itu. semoga saya berhasil,'' tegas Jacksen.