Advertisement

Frenkie de Jong: Perpaduan Kaka & Busquets yang Menjadi Pemain Termahal Belanda Sepanjang Sejarah

Budi Cahyana
Rabu, 23 Januari 2019 - 18:25 WIB
Budi Cahyana
Frenkie de Jong: Perpaduan Kaka & Busquets yang Menjadi Pemain Termahal Belanda Sepanjang Sejarah Frenkie de Jong - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Frenkie de Jong jadi pemain termahal Belanda dalam sejarah.

Menurut laporan De Telegraaf sebagaimana dikutip Footbal Oranje, Rabu (23/1/2019), Barcelona membayar Ajax Amsterdam 90 juta euro atau setara Rp1,4 triliun untuk memboyong De Jong. Gelandang bertahan kelahiran 12 Mei 1997 itu akan pindah ke Camp Nou musim panas 2019 nanti atau setelah Eredivisie 2018/2019 kelar.

Advertisement

De Jong membuat debut di tim senior Ajax pada 21 September 2016. Dia kemudian secara cepat menjadi bagian sentral Ajax dan langsung menjadi gelandang bertahan utama. Kontraknya sedianya berakhir pada 30 Juni 2019, tetapi pada Desember 2017, dia memperpanjang kontrak untuk bermain bersama De Godenzonen hingga 2022.

Dengan biaya 90 juta euro, kepindahan De Jong mematahkan rekor transfer 84 juta euro yang dibayarkan Liverpool untuk meminang bek tengah Virgil van Dijk tahun lalu.

Nilai penjualan ini juga menjadi yang terbesar yang pernah diterima Ajax. Sebelumnya, dua tahun lalu Ajax mendapatkan 40 juta euro dari penjualan Davinson Sanchez ke Tottenham.

De Telegraaf menyebut sebagian uang transfer de Jong ke Barcelona akan diserahkan ke Willem II dan RKC. Willem II bakal menerima 7 juta euro, sedangkan RKC 4 juta euro. Akademi dua klub tersebut berjasa memoles De Jong saat masih belia.

Kaka & Busquets

Frenkie de Jong melesat dua musim belakangan. Setelah mengunci posisi sentral di lini tengah Ajax, De Jong membuat debut bersama Timnas Belanda pada 9 Juni dalam laga persahabatan melawan Peru. Sejauh ini, De Jong sudah tampil dalam lima laga internasional bersama Belanda.

Sejak pertengahan 2018, Barcelona sangat ngebet meminang pemuda berambut pirang ini. De Jong adalah gelandang komplet. Dengan postur 1,8 meter, De Jong unggul dalam duel di semua aspek. Dia piawai berebut bola udara dan lihai dalam menekel. De Jong juga pintar mengatur serangan dan jeli membaca permainan. Squawka, dalam analisisnya terhadap De Jong, menyebut pemain ini punya perpaduan karakter Sergio Busquets dan Kaka. De Jong dibesarkan dalam sistem 4-3-3 yang sudah mengakar dalam tradisi sepak bola Belanda sejak era total football.

Kemampuannya diyakini cocok untuk Barcelona karena klub ini juga meyakini versi lain dalam total football, yakni penguasaan bola, yang diwariskan oleh Johan Cruyff.  De Jong bisa dimainkan sebagai gelandang serang, gelandang bertahan, bahkan bek tengah.

De Jong memilih hijrah ke Barcelona meski diminati sejumlah raksasa Eropa, seperti PSG, Juventus, dan Manchester City. Menurut laporan Catalunya Radio, sebagaimana dikutip ESPN, agen De Jong sudah memberi tahu City, Juventus, dan PSG bahwa kliennya akan menjadi pemain Barcelona.

Perwakilan Azulgrana akan terbang ke Amsterdam, Rabu (23/1/2019) ini untuk mendapatkan tanda tangan De Jong.  Menurut goal.com, Barcelona akan menggaji Frankie de Jong 16 juta euro atau setara Rp257,6 miliar per musim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement