Advertisement

LIGA 1: Ivan Kolev Diikat Persija 1 Musim

Newswire
Selasa, 15 Januari 2019 - 20:55 WIB
Budi Cahyana
LIGA 1: Ivan Kolev Diikat Persija 1 Musim Ivan Kolev - Antara/Andika Wahyu

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Juara Liga 1 2018, Persija, mengontrak pelatih Bulgaria, Ivan Kolev, selama satu musim. Kesepakatan itu diumumkan di Jakarta, Selasa (15/1/1019).

Kolev pernah menangani Persija di Divisi Utama 1999/2000. Direktur Utama Persija Gede Widiade mengatakan penunjukan pelatih bukan perkara mudah karena harus terlebih dahulu melihat rekam jejak pelatih yang menggantikan posisi Stefano Cugurra yang saat ini hijrah ke Bali United itu.

Advertisement

"Coba baca track record-nya. Dia [Kolev] sudah mengenal kultur sepakbola Indonesia dengan baik. Di samping itu dia juga tidak terkendala komunikasi dengan pemain," kata Gede dalam keterangan resminya.

Gede menjelaskan Kolev juga mampu mengayomi pemain. Saat menukangi Macan Kemayoran, Kolev mampu mempersembahkan trofi untuk tim asal ibu kota ini yaitu saat menjuarai Brunei Invitation Cup 2000. Persija sukses mengalahkan wakil Hong Kong, Happy Valley di final dengan skor 4-3.

Di tahun berikutnya, Ivan Kolev mampu membawa Macan Kemayoran juara Wilayah Barat dan lolos hingga semifinal Divisi Utama sebelum akhirnya kalah dari PSM Makassar.

Tidak hanya itu, pelatih asal Bulgaria itu juga pernah dua kali menjadi nahkoda Timnas Indonesia, yakni pada 2002-2004 dan 2007-2008. Pria 61 tahun ini membawa Indonesia menjadi finalis Piala Tiger (AFF) 2002 serta meloloskan Indonesia ke putaran final Piala Asia 2004.

Dengan catatan yang dimiliki bersama Persija, Kolev memang dinilai cocok dengan tim asal ibu kota ini. Hanya saja sebelum bergabung dengan tim juara Liga 1 2018 ini, pelatih asal Bulgaria ini mempunyai catatan kurang bagus saat menukangi PS TNI.

"Terkait hasil di klub sebelumnya saya rasa hanya terkendala adaptasi saja. Dia tidak diberi banyak waktu, nah sekarang ini di Persija berbeda mengingat Liga 1 kemungkinan akan bergulir selepas pemilu, banyak waktu tentunya untuk Kolev meramu tim," kata Gede menjelaskan.

Guna menukangi tim pada kompetisi Liga 1 2019 serta babak kualifikasi Liga Champions Asia, Kolev akan dibantu oleh Mustaqim sebagai asisten pelatih, kemudian Ahmad Fauzi sebagai pelatih kiper serta San San Susanpur sebagai pelatih fisik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Megawati Bidik Gelar Juara Proliga 2024

Olahraga
| Minggu, 21 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement