Advertisement

Secara Matematis, Peluang Liverpool Menjuarai Liga Premier Capai 56,6%

Hanifah Kusumastuti
Sabtu, 12 Januari 2019 - 13:25 WIB
Budi Cahyana
Secara Matematis, Peluang Liverpool Menjuarai Liga Premier Capai 56,6% Liverpool - Reuters/Lee Smith

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Liverpool hanya unggul empat poin dari Manchester City di papan klasemen Liga Premier setelah mereka kalah 1-2 dari lawan terberatnya itu, medio pekan lalu. Namun, Liverpool masih jauh diunggulkan untuk menuntaskan musim ini sebagai juara.

Menurut laporan Euro Club Index, Liverpool mengantongi peluang 56,6% sebagai juara Liga Premier Inggris musim ini alias kali pertama bagi mereka sejak 29 tahun lalu. Disusul kemudian City dengan peluang juara sebanyak 33,5% dan Tottenham Hotspur dengan 8,6%. Artinya, peluang Liverpool masih unggul 23,1% atas City dan bahkan 48% atas Tottenham.

Advertisement

Seperti dilansir Liverpoolecho.co.uk, Jumat (11/1/2019), Euro Club Index menyusun peluang juara tersebut berdasarkan metrik performa seluruh tim Liga Premier. Analis dari Head of Sports BBC, Simon Gleave, memprediksi persaingan gelar Liga Premier Inggris musim ini akan menjadi yang paling kompetitif dalam sejarah.

Terbukti, City yang menembus 50 poin dalam 21 laga hanya duduk di peringkat kedua klasemen sementara. Masih ada 17 laga tersisa di musim ini dan masih banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Liverpool pun harus kembali tancap gas setelah menelan kekalahan back-to-back di semua kompetisi, masing-masing takluk 1-2 dari Ciy di Liga Premier dan disingkirkan Wolverhampton Wanderers 1-2 dari babak ketiga Piala FA.

Sadio Mane dkk. bakal melawat ke markas Brighton Hove Albion di The American Express Community Stadium (Amex), Falmer, Sabtu (12/1/2019) pukul 22.00 WIB. Liverpool tidak boleh kelewat percaya diri seperti ketika menghadapi Wolverhampton. Brighton merupakan tim yang cukup menyulitkan. Mereka menundukkan Manchester United 2-3 dan menahan Arsenal 1-1 pada musim ini.

Duel di Amex berpotensi banjir gol. Brighton lumayan produktif ketika bermain di kandang. Pasukan Chris Hughton ini selalu mencetak gol dalam 10 laga di Amex. Hanya City dan Liverpool yang mengantongi gol lebih banyak di kandang ketimbang Brighton.

"Dia [Klopp] membuat keputusan bagus musim ini. [Virgil] van Dijk didatangkan musim sebelumnya, mereka mendapat kiper luar biasa [Alisson Becker] dan mereka punya persiapan yang lebih baik. Namun semua itu karena kepemimpinan Jurgen Klopp dan mereka tim yang menarik untuk ditonton," ujar Hughton, yang selalu kalah dalam enam pertemuan melawan Liverpool dalam karier manajerialnya, seperti dilansir express.co.uk. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement