COPA DEL REY: Barcelona Ditundukkan Levante

Gelandang Barcelona Philippe Coutinho menjebol gawang Levante dari titik penalti. - Reuters/Heino Kalis
11 Januari 2019 09:40 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Barcelona menyerah dengan skor tipis 1 - 2 dari tuan rumah Levante dalam pertandingan leg pertama 16 besar Copa del Rey.

Ini merupakan kekalahan kedua Barca dari Levante dalam tiga pertemuan terakhir mereka yang seluruhnya berlangsung di Stadion Ciudad de Valencia, markas Levante.

Di dua laga terakhir sebelumnya di ajang La Liga, kedua tim saling mengalahkan. Pada Mei tahun lalu di ujung musim 2017/2018 Levante mengalahkan Barca 5 - 4 dan bulan lalu Barca membalas 5 - 0 pada pertemuan pertama musim 2018/2019 yang ditandai dengan hattrick Lionel Messi.

Dalam pertandingan pada Jumat (11/1/2019) pagi WIB, pelatih Barca Ernesto Valverde mengistirahatkan dua bintang lini depan asal Amerika Selatan, Messi dan Luis Suarez.

Valcerde juga tidak menurunkan pemain reguler seperti Ivan Rakitic, Gerard Pique, dan Jordi Alba walaupun masih ada nama-nama Ousmane Dembele, Arturo Vidal, Sergio Busquets, dan Philippe Coutinho.

Levante mencetak dua gol cepat lewat tendangan bebas Erick Cabaco pada menit ke-4 dan Borja Mayoral, pemain pinjaman dari Real Madrid, pada menit ke-18 menggandakan keunggulan tuan rumah.

Gol kedua yang dicetak Borja Mayoral terjadi setelah dia memanfaatkan assist Emmanuel Boateng. Pemain yang disebut terakhir ini juga berperan penting ketika Levante menekuk Barca 5 - 4 Mei 2018. Saat itu dia mencetak hattrick ke gawang yang dikawal Marc-Andre ter Stegen.

Barca melesakkan satu gol balasan lewat penalti Coutinho 6 menit menjelang laga usai sehingga beban saat menjalani leg kedua pada Jumat pagi WIB pekan depan tidak terlalu berat.

Hasil lengkap leg pertama 16 besar Copa del Rey (WIB): Sporting Gijon 2 vs Valencia 1; Girona 1 vs Atletico Madrid 1; Getafe 1 vs Real Valladolid 0; Villarreal 2 vs Espanyol 2; Real Madrid 3 vs Leganes 0; Athletic Bilbao 1 vs Sevilla 3; Real Betis 0 vs Real Sociedad 0; Levante 2 vs Barcelona 1.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia