COPA DEL REY: Setelah Lumat Levante 5-0, Barcelona Bersiap Kembali Menang

Barcelona - Reters/Albert Gea
10 Januari 2019 16:25 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Barcelona menundukkan Levante dengan skor telak lima gol tanpa balas dalam perjumpaan terakhir kedua tim di Estadio Ciudad de Valencia, Valencia, 17 Desember 2018 lalu.

Sekitar tiga pekan kemudian, pasukan Ernesto Valverde akan kembali ke markas Levante pada leg pertama babak 16 besar Copa del Rey, Jumat (11/1/2019) pukul 03.30 WIB. Akankah Barcelona mengulang keperkasaan mereka seperti pada pertandingan Liga Spanyol, Desember lalu?

Bisa jadi demikian. Cuma, materi lini depan Barca kemungkinan bakal berubah ketimbang pertemuan terakhir melawan Levante. Seperti dilansir sports.es, Rabu (9/1/2019), Valverde dilaporkan bakal mengistirahatkan dua penyerang intinya, Lionel Messi dan Luis Suarez. Pertandingan ini pun bakal dimanfaatkan Valverde untuk bereksperimen mencari untuk pemain No. 9 alias striker sentral.

Sejauh ini, Valverde hanya memiliki opsi Munir El Hadadi untuk menggantikan Suarez sebagai penyerang murni. Namun, pelatih berusia 54 tahun ini bakal menjajal formula baru dengan memilih menduetkan Ousmane Dembele dan Malcom sebagai ujung tombak.

Dembele sedang dalam performa puncak. Belakangan, Valverde lebih memilihnya mengisi sayap kiri Barca ketimbang Philippe Coutinho untuk mendampingi Messi dan Suarez di lini depan Barca. Kepercayaan itu dibayar Dembele dengan mencetak empat gol dan tiga assist dalam delapan penampilan terakhirnya. Total, Dembele mengemas 10 gol dan 5 assist dalam 23 pertandingan di musim ini.

Wajar apabila Valverde akan menjajalnya sebagai pemain No. 9 untuk menggedor pertahanan Levante. Grafik penampilan Dembele yang meningkat itu tentu membuat lega skuat Barca. Seperti diketahui, sebelumnya eks pemain Borussia Dortmund tersebut berulah dengan sering datang terlambat ke sesi latihan.

"Ousmane pemain hebat, dia sangat bertalenta. Saya bisa menyaksikan kemampuannya di setiap sesi latihan. Dia juga pribadi yang bagus, namun dia sedikit gila. Dia benar-benar bocah yang menyenangkan namun sedikit gila," jelas mantan pelatih Dembele di Dortmund, Thomas Tuchel, seperti dilansir Bleacherreport.co.uk, Rabu (9/1/2019).

Di sisi lain, Valverde kemungkinan akan memberi kesempatan kepada Deni Suarez sebagai starter. Eks gelandang Villarreal ini dispekulasikan bakal hengkang ke Arsenal mengikuti mantan pelatihnya saat berkostum Sevilla, Unai Emery.

Denis Suarez nyaris tak mendapatkan tempat di skuat utama Barca. Dia hanya dimainkan dua laga di Liga Primera musim ini. Emery disebut-sebut siap memboyong Denis Suarez dari Camp Nou dengan banderol 20 juta poundsterling. Namun Barca dilaporkan hanya akan melepas Denis Suarez dengan status pinjaman. 

Sumber : JIBI/Solopos