Advertisement

BUNDESLIGA PEKAN 16: Diwarnai Kontroversi, Dortmund Ditekuk Tim Zona Degradasi

M. Syahran W. Lubis & Budi Cahyana
Rabu, 19 Desember 2018 - 17:25 WIB
Budi Cahyana
BUNDESLIGA PEKAN 16: Diwarnai Kontroversi, Dortmund Ditekuk Tim Zona Degradasi Para pemain Dusseldorf merayakan kemenangan atas Dortmund. - Reuters/Thilo Schmuelgen

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Borussia Dortmund untuk pertama kalinya di Bundesliga musim 2017-2018 ini merasakan kekalahan setelah ditundukkan klub promosi yang kini berkutat di zona degradasi, Fortuna Dusseldorf, dengan skor tipis 1 - 2.

Dalam pertandingan pekan ke-16 di Dusseldorf, dua gol tuan rumah dicetak Dodi Lukebakio pada menit ke-22 dan Jean Zimmer ketika babak kedua berjalan 11 menit.

Advertisement

Satu-satunya gol Dortmund dicetak penyerang asal Spanyol Paco Alcacer, 10 menit menjelang laga usai. Laga ini diwarnai kontroversi karena goal Marco Reues di menit ke-15 dianulir wasit karena bola dianggap menyentuh Christian Pulisic yang berada di posisi offside. Padahal, dalam tayangan ulang, jelas terlihat bola tak mengenai anggota tubuh Pulisic.

Dortmund sebenarnya tampil dominan, tetapi dihukum kesalahan mereka sendiri. Gol Lukebakio lahir dari serangan balik kilat yang diawali kesalahan kontrol Jacob Bruun Larsen sehingga Dortmund kehilangan bola. Sementara, gol Jean Zimmer tersipta dari sepakan keras dari luar kotak penalti.

Pelatih Dortmund Lucien Favre baru memasukkan dua pemain kunci, Alcacer dan Jadon Malik Sancho pada menit ke-60 ketika Dortmund sudah ketinggalan dua gol. Alcacer menggantikan Thomas Delaney, sedangkan Sancho menggantikan Jacob Bruun Larsen.

Meski kalah, Dortmund tetap di pucuk klasemen Bundesliga, dengan 39 angka, berjarak 6 poin dari peringkat kedua Borussia Monchengladbach yang menang 2 - 0 atas Nurenberg berkat gol-gol Thorgan Hazard (47’) dan Alassane Plea (86’).

Sementara itu, kemenangan di Merkur-Spiel Arena pada Rabu (19/12/2018) pagi WIB ini mengangkat Dusseldorf ke peringkat 15, satu setrip di atas zona degradaso, dengan nilai 15. Keberhasilan Dussedorlf naik anak tangga tak lepas dari hasil minor yang diperoleh Stuttgart. Stuttgart yang musim ini sangat inkonsisten kalah 0-2 dari Wolfsburg.

Masih ada lima pertandingan di pekan ke-16 yang akan dipentaskan Kamis (20/12/2018) dini hari nanti, salah satunya Bayern melawan RB Leipzig. Jika Bayern menang, jarak mereka dengan Dortmund bakal terpangkas, dari sembilan angka menjadi enam angka.

Hasil pekan ke-16 hingga Rabu pagi WIB: Borussia Monchengladbach 2 vs Nurenberg 0; Hertha Berlin 2 vs Augsburg 2; Wolfsburg 2 vs Stuttgart 0; Fortuna Dusseldorf 2 vs Borussia Dortmund 1.

Jadwal Bundesliga Pekan 16

Kamis (20/12/2018)

00:30 WIB

Schalke 04 Vs Bayer Leverkusen

02:30 WIB

Mainz 05 Vs Eintracht Frankfurt

Bayern München Vs RasenBallsport Leipzig

Freiburg Vs Hannover 96

Werder Bremen Vs Hoffenheim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Proliga Hari Pertama, Jakarta Pertamina Enduro Kalahkan Bandung BJB

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement