Advertisement

Liverpool Vs MU: Firmansah Merajalela, Shaqiri Gemilang, Liverpool Kembali ke Puncak

Budi Cahyana
Senin, 17 Desember 2018 - 01:55 WIB
Budi Cahyana
Liverpool Vs MU: Firmansah Merajalela, Shaqiri Gemilang, Liverpool Kembali ke Puncak Satu unsur Firmansah, Sadio Mane, tampil gemilang ketika Liverpool menundukkan United. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah tampil merajalela dan bikin Manchester United kewalahan. Trio dengan akronim Firmansah ini memberi kesempatan bagi Xherdan Shaqiri mencetak dua gol kala Liverpool menundukkan United 3-1 dalam laga pekan ke-17 Liga Premier di Stadion Anfield, Minggu (16/12/2018) waktu setempat.

Kemenangan ini melambungkan Liverpool kembali ke puncak klasemen dengan nilai 45, menggusur Manchester City yang mengoleksi 44 angka ke peringkat kedua.

Advertisement

Sebelum laga ini, salah satu dari Firmansah belum sekali pun menjebol gawang atau memasok assist untuk gol ke gawang United di Liga Premier. Paceklik itu berakhir ketika laga memasuki menit ke-23. Gelandang Brasil Fabinho menerima operan kunci dari kompatriotnya, Firmino, dan mengirim umpan lambung membelah pertahanan United. Mane yang lepas dari kawalan Ashley Young mengontrol bola sodoran itu menggunakan dadan sebelum menjebol gawang David de Gea.

Firmansah makin merajalela dan bek-bek United harus bekerja keras. Sayangnya, performa apik Firmansah sia-sia di menit ke-33.

Tangan kiper Alisson seolah-olah sangat licin. Dia tak mampu menetralkan umpan silang Romelu Lukaku. Bola tangkapannya lepas dan langsung disambar Jesse Lingard. Kecerogan Alisson harus dibayar mahal karena United akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di babak kedua, gelombang serangan Liverpool selalu mentok lantaran United sudah memasang barikade berlapis. Jurgen Klopp kemudian membuat keputusan yang bisa menghapus kecerobohan Alisson.

Di menit ke-70, Klopp menarik keluar Naby Keita dan memasukkan Shaqiri. Hasilnya sungguh tokcer. Tiga menit setelah masuk, gelandang serang Swiss itu membuat The Reds unggul. Gol diawali akselerasi Mane di kanan pertahanan United. Penyerang Senegal itu mengirim umpan yang bisa ditepis De Gea. Namun, bola bergerak liar di kotak penalti dan Shaqiri yang berdiri bebas menyepaknya dengan keras. Bola sempat memantul kaki Ashley Young sebelum masuk ke gawang De Gea.

Sepuluh menit menjelang waktu normal rampung, Shaqiri kembali mencetak gol, lagi-lagi berkat pergerakan Firmansah. Firmino mengirim umpan pendek kepada Salah, tetapi penyerang Mesir itu tak sempurna mengontrol bola. Shaqiri langsung menyambarnya, bola kemudian berbelok arah setelah mengenai kaki Eric Baily dan gawang De Gea jebol lagi.

Meski Shaqiri menjadi pahlawan, Firmansah-lah yang memimpin Liverpool mendominasi United secara mutlak. Sepanjang laga, The Reds melepas 36 tembakan, berbanding enam milik The Red Devils. Lebih dari separuh tembakan Liverpool disumbang Firmansah.

"Kami adalah Liverpool, yang selalu berusaha menekan lawan di tiap pertandingan. Kami membuat banyak peluang bagus di laga ini," ujar Mane dalam wawancara dengan stasiun televisi Sky Sport seusai laga.

Sementara Liverpool menguasai klasemen, United tertahan di peringkat keenam dengan nilai 26. Tekanan untuk Jose Mourinho pun semakin besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

PLN Mobile Proliga 2024 di Yogyakarta Resmi Dibuka, Jakarta Elektrik PLN Siap Berlaga

Olahraga
| Jum'at, 26 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement