Advertisement

PIALA DUNIA ANTARKLUB: 2 Klub Asia ke Semifinal Tantang Madrid & River Plate

M. Syahran W. Lubis
Minggu, 16 Desember 2018 - 17:55 WIB
Budi Cahyana
PIALA DUNIA ANTARKLUB: 2 Klub Asia ke Semifinal Tantang Madrid & River Plate Pemain Al Ain merayakan kemenangan atas Esperance. - Reuters/Andrew Boyers

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Dua klub Asia menembus semifinal Piala Dunia Antarklub 2018 untuk berhadapan dengan juara Copa Libertadores River Plate dan dan juara Liga Champions Eropa Real Madrid.

Dalam pertandingan perempat final di Stadion Hazza Bin Zayed di Al Ain, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), yang berakhir pada Minggu (16/12/2018) dini hari WIB, wakil tuan rumah Al Ain menggasak juara Liga Champions Afrika Esperance Tunis (Tunisia) dengan skor telak 3 - 0.

Advertisement

Tuan rumah unggul cepat dua melalui Mohamed Ahmad ketika pertandingan baru berjalan 2 menit dan Hussein El-Shahat pada menit ke-16, keduanya dengan memaksimalkan assist Rayan Yaslam.

Pada babak kedua, Al Ain menambah sebiji gol lagi melalui kontribusi Bandar Mohammed pada menit ke-60 dengan memanfaatkan umpan penyerang asal Brasil Caio Lucas Fernandes sehingga skor akhir 3 - 0.

Dengan kemenangan itu, Asia menempatkan dua wakilnya di semifinal dan ini merupakan ketiga kalinya terjadi sejak perhelatan ini digelar dengan format turnamen pada 2000.

Pada edisi 2011 di Jepang, wakil tuan rumah Kashiwa Reysol dan klub Qatar Al Sadd juga berhasil lolos ke semifinal. Begitu juga pada 2015 juga di Jepang, wakil tuan rumah Sanfrecce Hiroshima dan klub China Guangzhou Evergrande masuk semifinal. Namun, keempat tim itu gagal melaju ke final.

Dalam laga perempat final beberapa jam sebelumnya juga di Stadion Hazza Bin Zayed, klub Jepang Kashima Antlers, sebagai juara Liga Champions Asia menundukkan juara Liga Champions Concacaf (Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Tengah, Karibia) Chivas Guadalajara.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Hazza Bin Zayed di Al Ain, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), pada Sabtu (15/12/2018) malam WIB, Guadalajara sempat unggul lebih dahulu melalui kontribusi Angel Zalvidar pada menit ke-3.

Namun, Kashima Antlers, yang bermarkas di Kashima dan didukung perusahaan Nippon Steel & Sumitomo Metal, membalas tiga gol pada babak kedua lewat Ryota Nagaki (49’), penalti Serginho (69’), dan Hiroki Abe (84’).

Guadalajara hanya bisa menambah satu gol lagi pada waktu tambahan babak kedua. Setelkah menyaksikan video asisten wasit (VAR), Wasit Tessema Bamlak dari Ethiopia menetapkan penalti untuk Guadalajara setelah bek Kashima Shuto Yamamoto menjatuhkan Jair Pereira di kotak terlarang.

Eksekusi Alan Pulido dapat digagalkan kiper Kasima asal Korea Selatan Kwoun Sun-tae, tetapi bola rebound justru didorong masuk bek Kashima asal Brasil Leo Silva ke gawang sendiri sehingga skor akhir 3 - 2 untuk Kashima.

Di semifinal, Al Ain akan berhadapan dengan juara Copa Libertadores, turnamen antarklub Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol), klub Argentina River Plate, pada Selasa (18/12/2018) mulai pk. 23.30 WIB.

Semifinal lainnya mempertemukan Real Madrid dengan Kashima Antlers pada Rabu (19/12/2018) pukul 23.30 WIB.

Pertandingan final direncanakan berlangsung pada Sabtu (22/12/2018) pukul 23.30 WIB di Zayed Sports City di Abu Dhabi.

Real Madrid, klub La Liga Spanyol, merupakan juara bertahan. Di final Piala Dunia Antarklub tahun lalu yang juga digeber di UEA, Madrid menundukkan klub Brasil Gremio 1 - 0 berkat gol semata wayang Cristiano Ronaldo—yang kini membela juara Serie A Italia Juventus—pada menit ke-53.

Madrid dan River Plate, sebagai dua tim unggulan dalam turnamen ini, langsung ditempatkan sebagai semifinalis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Petenis Serbia Djokovic Raih Penghargaan Olahragawan Terbaik Dunia

Olahraga
| Selasa, 23 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement