Advertisement

LIGA CHAMPIONS: Liverpool Kehilangan Van Dijk di Leg Pertama 16 Besar

Hanifah Kusumastuti
Rabu, 12 Desember 2018 - 23:25 WIB
Budi Cahyana
LIGA CHAMPIONS: Liverpool Kehilangan Van Dijk di Leg Pertama 16 Besar Virgil van Dijk - Reuters/Carl Recine

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk, dipastikan bakal absen pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions nanti. Bek termahal di dunia tersebut terkena sanksi akumulasi kartu kuning setelah melakukan pelanggaran keras kepada penyerang Napoli, Dries Mertens, pada partai pemungkas Grup C di Stadion Anfield, Liverpool, Rabu (12/12/2018) dini hari WIB.

Van Dijk mentekel kaki Mertens ketika merebut bola dari kaki penyerang Napoli tersebut pada menit ke-14. Mertens pun terguling di lapangan. Wasit Damir Skomina yang memimpin laga lantas mengganjar kartu kuning Van Dijk. Alhasil, defender asal Belanda ini tidak bisa memperkuat Liverpool pada leg pertama babak 16 besar nanti.

Advertisement

Tanpa Van Dijk, Liverpool jelas akan merasa kehilangan. Bek jangkung ini merupakan kunci pertahanan kuat Liverpool musim ini bersama kiper Alisson Becker. Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, tentu berharap dua bek sentral Liverpool, Joe Gomez dan Joel Matip, lekas pulih dari cedera masing-masing dan bisa memperkuat timnya, Februari 2019 nanti.

"Itu bukan tantangan buruk. Jelas, saya menyentuhnya, namun saya tidak pernah menyakitinya atau semacam itu. Saya mengenai bola dan karena lapangan basah, maka tergelincir dan saya menyentuhnya, ya beginilah sepak bola," ujar Van Dijk membela diri, seperti dikutip Dailymail.co.uk.

Manajer Napoli, Carlo Ancelotti, tidak puas dengan kartu kuning yang dikeluarkan Skomina untuk Van Dijk. Dia menilai Van Dijk layak diganjar kartu merah. Napoli sendiri akhirnya menyerah 0-1 setelah pemain Liverpool Mohamed Salah mencetak gol pada menit ke-34. Liverpool yang akhirnya lolos ke babak 16 besar, sedangkan Napoli harus puas terdepak ke Liga Europa.

Ancelotti yakin apabila VAR sudah diterapkan di Liga Champions, Van Dijk bakal diusir keluar lapangan. Sayangnya, VAR baru akan dipakai di Liga Champions mulai babak 16 besar nanti. "Ada banyak hal yang dibicarakan tentang VAR, ketika itu akan diterapkan di Liga Champions, itu sudah terlambat bagi kami," urai Ancelotti dengan kesal, seperti dilansir Football-italia.net.

Mantan wasit UEFA, Mark Clattenburg, ikut mengutuk pelanggaran Van Dijk. Hanya, dia menilai kartu kuning sudah cukup sebagai ganjaran setimpal bagi bek Liverpool itu. "Satu kartu kuning keputusan yang tepat dan Van Dijk akan absen pada leg pertama babak 16 besar nanti," ujar dia.

Insiden yang dilakukan Van Dijk kepada Mertensmenjadi sorotan di media sosial. Seperti dilansir 101greatgoals.com, bahkan tak sedikit yang membandingkan perilaku Van Dijk ini dengan aksi bek Real Madrid, Sergio Ramos, saat melanggar Mohamed Salah pada final Liga Champions musim lalu, untuk mengkritik fans Liverpool. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement