Advertisement

PEKAN 15 LIGA BELANDA: Menang Besar, Ajax Pepet PSV

M. Syahran W. Lubis
Minggu, 09 Desember 2018 - 16:25 WIB
Budi Cahyana
PEKAN 15 LIGA BELANDA: Menang Besar, Ajax Pepet PSV Ajax Amsterdam - Reuters/Toussaint Kluiters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Ajax Amsterdam menundukkan tuan rumah PEC Zwolle dengan skor 4-1 di Stadion Marc3Park di Zwolle dalam lanjutan pekan ke-15 Eredivisie Belanda, hasil yang membuat tim ibu kota itu terus menjaga jarak rapat dengan pemimpin klasemen sementara PSV Eindhoven.

Ajax sebenarnya mencetak lima gol dalam pertandingan yang berlangsung pada Minggu (9/12/2018) pagi WIB tersebut, tetapi satu di antaranya justru menusuk gawang sendiri.

Advertisement

Lasse Schone mencetak dua gol di laga tersebut, salah satunya gol bunuh diri.

Selain gol Schone, Klaas-Jan Huntelaar, Frenkie de Jong, dan Dusan Tadic turut menyokong kemenangan Ajax atas PEC, yang membuat mereka kini mengoleksi 40 poin dan berada di urutan kedua, serta menempel ketat pemuncak klasemen PSV Eindhoven (42).

Sedangkan PEC (14) turun ke urutan ke-15 dan kembali dibayangi ancaman terperosok ke jurang degradasi.

Sayangnya, kemenangan Ajax harus ditebus dengan harga mahal akibat cedera yang diderita dua pemainnya dalam pertandingan tersebut, yakni kiper Andre Onana dan gelandang Donny van de Beek.

Huntelaar membuka keunggulan Ajax pada menit ke-21 saat ia dengan mudah menyelesaikan umpan kiriman Dusan Tadic di hadapan gawang.

Lantas keunggulan Ajax digandakan oleh De Jong, saat pemain yang tengah diincar klub-klub raksasa Eropa itu berhasil mencetak gol memanfaatkan umpan dari Van de Beek pada menit ke-31.

Hanya semenit berselang setelah mengirimkan assist untuk gol tersebut, Van de Beek harus meninggalkan lapangan dalam keadaan cedera digantikan Zakaria Labyad.

Pada menit ke-40, Onana juga ditarik keluar akibat cedera dan digantikan Kostas Lamprou.

Tuan rumah sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-44 saat Zian Flemming melepaskan tembakan yang sempat membentur Schone sebelum bola masuk ke gawang Ajax sendiri.

Schone membayar lunas kesalahannya atas gol PEC dengan melepaskan tendangan keras ke sudut kanan bawah gawang demi menaklukkan kiper Mickey van der Hart pada menit ke-68 sekaligus merestorasi keunggulan dua gol Ajax.

Dua menit jelang waktu normal usai, Tadic turut mencatatkan namanya di papan skor dengan sepakannya dari tengah kotak penalti demi memastikan kemenangan Ajax atas PEC menjadi 4 - 1.

Hasil dan jadwal lengkap pertandingan pekan ke-15 hingga Minggu pagi WIB: Fortuna Sittard 0 vs AZ Alkmaar 3; PSV Eindhoven 6 vs Excelsior 0; Willem II Tilburg 1 vs Heerenven 5;  PEC Zwolle 1 vs Ajax Amsterdam 4; ADO Den Haag 0 vs De Graafschap 0.

Jadwal berikutnya (WIB):

Minggu, 9 Desember:

18:15   Utrecht vs Heracles Almelo

20:30   VVV Venlo vs Groningen

20:30   Emmen vs Feyenoord Rotterdam

22:45   NAC Breda vs Vitesse Arnhem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement