Regulasi Jadi Ganjalan Kristian Adelmund untuk Kembali ke PSS Sleman

Kristian Adelmund - Dok
08 Desember 2018 17:30 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Keinginan publik Sleman agar mantan pemainnya, Kristian Adelmund kembali memperkuat PSS Sleman di kompetisi Liga 1 musim depan, kemungkinan besar, akan sulit terealisasi. Sebab, ada aturan tegas dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait dnegan aturan legiun impor.

Pada kompetisi Liga 1 2018, PT LIB menetapkan regulasi pemain asing 3+1. Tiap klub hanya bisa mendaftarkan maksimal tiga pemain asing saja. Bisa melakukan penambahan satu pemain lagi, namun wajib berasal dari negara-negara Asia anggota AFC.

Sedangkan regulasi marquee player, telah dihapuskan. Sesuai pasal 29 Regulasi Liga 1 2018 soal Strata dan Verifikasi Pemain Asing, pemain asing yang bersangkutan harus aktif di timnas negaranya selama dua tahun terakhir, dengan jumlah caps di atas 25 persen dari total pemain resmi. Aturan ini bisa diabaikan jika pemain asing tersebut bermain di strata teratas kompetisi negaranya.

Sementara itu, buat pemain pendatang non-Asia mereka harus membuktikan sekurang-kurangnya bermain 25 persen pertandingan selama semusim dari kompetisi lain yang ia ikuti sebelumnya. Data resmi berasal dari klub sebelumnya dan disahkan federasi.

Klub-klub Liga 1 pun tidak bisa mendatangkan pemain Afrika baru secara sembarangan. PSSI hanya merekomendasikan lima negara saja, yakni Tunisia, Mesir, Kongo, Algeria, dan Sudan. Keputusan federasi buat membatasi pemain Afrika karena berkaitan urusan keimigrasian.


Strata pemain asing :

Strata Kompetisi Pemain Asing di Liga 1:

CAF

Tunisia: 1; Mesir: 1; Kongo: 1; Algeria: 1; Sudan: 1

CONCACAF

Meksiko: 2,1; Negara lainnya: 1

CONMEBOL

Brasil: 3,2,1; Argentina: 3,2,1; Chile: 2,1; Peru: 2,1; Kolombia: 2,1; Negara lainnya: 1

UEFA

Spanyol: 3,2,1; Inggris: 3,2,1; Italia: 3,2,1; Jerman: 3,2,1; Prancis: 3,2,1; Rusia: 3,2,1; Portugal: 3,2,1; Ukraina: 2,1; Belgia: 2,1; Turki: 2,1; Austria: 2,1; Belanda: 2,1

Rep. Ceska: 2,1; Swiss: 2,1; Negara lainnya: 1

AFC

UEA: 2,1; Korea: 2,1; China: 2,1; Arab Saudi: 2,1; Jepang: 2,1; Iran: 2,1; Negara lain: 1


Sementara untuk Kristian Adelmund, sesuai dengan data di transfer market, mantan bek PSIM Jogja, Persepam Madura dan Persela Lamongan ini tercatat kali terakhir bermain untuk SC Feyenoord AV. Di mana SC Feyenooard adalah tim amatir yang berkompetisi di kompetisi kasta keenam Liga Belanda. Artinya, Kristian Adelmund kemungkinan tidak mungkin bisa kembali membela PSS Sleman, karena sesuai dengan regulasi, PT LIB hanya memperbolehkan pemain yang sempat bermain di Liga Belanda di kasta kedua dan kesatu.

Kegagalan yang dialami oleh Adelmund ini kemungkinan akan menyusul sederet pemain asing yang sebelumnya gagal membela sejumlah tim di Liga 1 2018. Pada kompetisi Liga 1 2018 lalu, tercatat setidaknya ada 4 pemain asing gagal membela sejumlah tim di Liga 1 2018 karena terganjal regulasi. Keempat pemain asing tersebut adalah Willo Flood yang gagal bergabung dengan Bali United, Luiz Junior yang gagal bersama Perseru Serui, Rodrigo dos Santos gagal berbaju Arema FC, dan Pape Abdoulaye Ndaw yang gagal merumput bersama dengan Persipura.