PSMS VS PS Tira : Pembuktian Siapa Yang layak Bertahan

Pertandingan antara PS Tira melawan Sriwijaya FC di Stadion Sultan Agung Bantul, Sabtu (17/11/2018) sore - Harian Jogja/Jumali
04 Desember 2018 17:55 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BOGOR - Duel hidup mati dua tim papan bawah bakal tersaji di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (5/12) sore, saat PSMS Medan menantang PS Tira pada pekan laga tunda Liga 1 2018.

Sejatinya kedua kesebelasan dijadwalkan menjalani pertandingan di Stadion Teladan Medan beberapa waktu lalu, namun kendala perizinan, membuat pertemuan kedua kesebelasan harus ditunda.

Dibandingkan sang tamu, PS Tira, PSMS Medan kali ini lebih diunggulkan. Dari 32 pertandingan yang telah dijalani, tim berjuluk Ayam Kinantan ini menempati peringkat ke-17 dengan 37 poin, atau satu poin dari sang juru kunci klasemen PS Tira dengan 36 poin.

Disamping itu, PSMS juga dalam performa naik dibandingkan PS Tira. Pada pertandingan terakhir, PSMS mampu meraih kemenangan 4-0 atas Persebaya. Sementara PS Tira justru dikalahkan 0-1 oleh Arema FC di pertandingan terakhir di kandang. PSMS dan PS Tira masih sama-sama memiliki satu pertandingan sisa setelah kedua kesebelasan berjumpa. PSMS masih memiliki laga tandang melawan PSM Makassar dan PS Tira juga memiliki satu laga tandang ke markas Borneo FC, 8 Desember mendatang.

Pelatih PS Tira Nil Maizar mengatakan tak banyak memiliki waktu untuk menyiapkan tim jelang melawan PSMS. Sebab, jarak recovery yang pendek membuat pihaknya tidak bisa melakukan perbaikan taktik usai dikalahkan Arema FC dengan skor 0-1 di kandang.

"Kami benahi mental pemain. Karena pembenahan di segi taktik sudah tidak memungkinan," kata Nil Maizar, Selasa (4/12/2018).

Sementara pelatih PSMS Peter Buttler mengungkapkan kemenangan dari Persebaya 4-0 membuat timnya memiliki harapan untuk tetap di Liga 1 musim depan.

Butler memuji performa anak asuhnya yang dianggap bermain luar biasa. Menurutnya, pemain telah bekerja keras untuk meraih kemenangan, dan mampu menjalankan taktik yang disiapkan dalam seminggu terakhir.

“Semua pemain sangat bagus, kami bisa menerapkan permainan seperti ini, baik pemain muda dan senior, mereka kerja keras. Pemain mampu mengikuti rencana yang saya berikan,” jelas Butler.

Sedangkan bonus besar disiapkan oleh manajemen PSMS Medan jika Ayam Kinantan mampu mengamankan 3 poin dari PS Tira, sekaligus mengamankan posisi PSMS di Liga 1 musim depan. "Kami siapkan bonus mencapai Rp500 juta jika kami lolos dari jerat degradasi," ucap Sekretaris PSMS, Julius Raja.