Advertisement

10.000 Peserta Bakal Bersaing di Borobudur Marathon, Tertua 85 Tahun, Termuda 5 Tahun

Nina Atmasari
Sabtu, 17 November 2018 - 22:17 WIB
Nina Atmasari
10.000 Peserta Bakal Bersaing di Borobudur Marathon, Tertua 85 Tahun, Termuda 5 Tahun Konferensi pers Borobudur Marathon 2018 Powered by Bank Jateng, Sabtu (17/11/2018). - Harian Jogja/Nina Atmasari

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG- Ajang olahraga Borobudur Marathon kembali digelar, Minggu (18/11/2018). Event yang kali ini bernama Borobudur Marathon 2018 Powered by Bank Jateng diikuti sekitar 10.000 peserta, sebanyak 205 di antaranya adalah pelari mancanegara.

Peserta mancanegara berasal dari 29 negara, terbanyak berasal dari Malaysia yakni 81 orang, disusul Kenya (36) dan Singapore (25). Peserta lainnya berasal dari Amerika Serikat, Hongkong, India, Filipina Belanda, Swedia, dan lainnya.

Advertisement

Ajang kompetisi tahunan ini tidak hanya diikuti pelari berusia produktif. Data di panitia peserta tertua Judith Van Ginkel, 85 tahun dari Belanda, William Herman Vollmert, 76 tahun dari USA dan Masdjuki, 75 tahun.

Adapun peserta termuda, Alifdion Surya Prayitno, Dinar Agmida, Riko Rikardodan Haris Kurniawan yang berusia lima tahun. Para peserta tertua dan termuda ini turun di kategori 10K.

Ketua Yayasan Borobudur 10K, Liem Che An mengungkapkan Borobudur Marathon sudah mengantongi sertifikat internasional. Dengan adanya ini, para peserta pun dibatasi. "Kami kewalahan menghadapi antusiasme peserta, animo peminat tinggi sekali, tapi demi kenyamanan dan keamanan peserta, kami membatasi 10 ribu peserta," katanya.

Serupa dengan tahun lalu, para pelari akan menyatu dengan masyarakat di kawasan Candi Borobudur Kabupaten magelang. Mereka akan melintasi jalan pedesaan dengan persawahan, pegunungan hingga perumahan penduduk di sekitar lintasan. Masyarakat akan memberikan dukungan dari pinggir jalan lintasan.

Direktur Utama (Dirut) Bank Jateng, Supriyatno mengungkapkan Borobudur Marathon menjadi mimpi yang berhasil diwujudkan. "Sejak beberapa tahun lalu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memiliki impian, bisa diadakan sebuah agenda bertaraf internasional. Sekarang kita punya Borobudur Marathon," katanya.

Pada tahun ini, panitia menetapkan tiga kategori Borobudur Marathon yaitu Marathon dengan jarak 42,195 kilometer, Half Marathon 21,1 kilometer, dan 10k dengan jarak 10 kilometer. Total hadiahnya yang disediakan mencapai Rp2 miliar dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti acara Marathon di Tokyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement