Advertisement

Tim Indonesia Incar Posisi 9 di Homeless World Cup 2018

Nina Atmasari
Sabtu, 17 November 2018 - 21:17 WIB
Nina Atmasari
Tim Indonesia Incar Posisi 9 di Homeless World Cup 2018 Pemain tim Indonesia, Dego Z. Arifin (tengah) memberikan operan kepada rekan satu timnya melewati pengawalan pemain Zimbabwe saat keduanya bertemu dalam babak II Homeless World Cup 2018 di Zocalo Capitalino, Jumat (16/11). Indonesia kalah oleh Afrika Selatan dengan skor 1-5. - Ist/ Dok Adi Marsiela

Advertisement

Harianjogja.com, MEXICO CITY- Peluang tim Indonesia untuk bersaing memperebutkan Homeless World Cup (HWC) 2018 pupus. Dalam penyisihan grup babak II, tim asuhan Aulia Rahman hanya menempati posisi tiga grup B di bawah Brazil dan Afrika Selatan.

Tim Indonesia meraih tujuh poin dari lima kali pertandingan, dua kali menang, dua kali kalah, dan satu kali kalah adu penalti. Kemenangan mendapat poin tiga, sementara kalah penalti mendapat satu poin. Sementara Brazil mencatatkan 14 poin hasil empat kali menang dan satu kali menang adu penalti. Afrika Selatan berada di bawahnya dengan 13 poin.

Advertisement

Meski demikian, Aulia memaparkan, timnya masih berpeluang mengakhiri kompetisi street soccer— bagi kalangan tuna wisma dan kelompok termajinalkan—dengan meraih Fundación Carlos Slim Trophy. Tim-tim yang bertanding untuk memperebutkan trophy HWC dipastikan meraih ranking 1-8. Sementara Fundación Carlos Slim Trophy diperebutkan oleh ranking 9-16.

“Kita kehilangan poin di pertandingan yang seharusnya bisa mendapatkan poin penuh,” kata Aulia saat briefing bersama timnya di Best Western Estoril Hotel, Mexico City, Jumat (16/11/2018) malam waktu setempat.

Guna mewujudkan target berakhir di posisi 9, Aulia meminta anak-anak asuhnya tetap fokus dan konsentrasi dalam pertandingan melawan Peru pada Sabtu, 17 November 2018. Apabila menang melawan Peru, maka Dego Z. Arifin dan kawan-kawan bakal menghadapi pemenang dari pertandingan antara Bulgaria melawan Austria.

“Walau bukan Homeless World Cup, pilihannya menang dalam setiap pertandingan. Sehingga setidaknya bisa berakhir di posisi sembilan. Selama ini tim Indonesia selalu berada dalam posisi sepuluh besar,” imbuh Aulia.

Dari tiga pertandingan yang mereka jalani pada Jumat, 16 November 2018, tim Indonesia hanya meraih dua kemenangan. Masing-masing atas Norwegia dengan skor akhir 4-3 dan Zimbabwe dengan skor 9-4.

Permainan tim Indonesia tampak lebih baik dalam pertandingan melawan Zimbabwe yang merupakan penutup di sesi grup. Setiap pemain yang diturunkan dapat memperlihatkan determinasi yang tidak seperti biasanya. Mereka tampil tenang dan percaya diri. “Karena memang sudah tidak ada beban,” kata Yandi Abdul Rajab, pemain yang mencetak dua gol dalam pertandingan itu.

Satu-satunya perempuan dalam tim campuran ini, Eva Dewi Rahmadiani juga berkesempatan merasakan atmosfer pertandingan tersebut. Kontribusinya terbilang efektif untuk menjauhkan bola dari pertahanan tim Indonesia.

Hal ini sangat jauh berbeda dibandingkan penampilan melawan Afrika Selatan. Pola serangan Indonesia yang dibangun bersama-sama dengan kiper seringkali kandas karena tekanan dan penjagaan pemain Afrika Selatan.

Tim Indonesia butuh waktu lima menit untuk bisa menyarangkan gol lewat tendangan Yandi Abdul Rajab. Namun pada saat bersamaan, Indonesia sudah tertinggal dua gol. Memasuki tujuh menit ke-dua, alih-alih memperkecil selisih golnya, tim Indonesia malah terus kebobolan hingga akhirnya kalah 1-5 dari Afrika Selatan.

Kondisi serupa terjadi saat Indonesia menghadapi Norwegia. Selepas kebobolan oleh Rizal Ferdian Somawijaya, tim Norwegia bisa langsung menyamainya menjadi 1-1 hingga babak pertama usai.

Memasuki babak dua, tim Denmark berupaya keras mencari peluang menyamakan kedudukan. Satu menit usai turun minum, Norwegia sukses menyamainya. Pertandingan berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia dengan skor 4-3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka

Olahraga
| Senin, 18 Maret 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement