Hasil Pekan 11 Bundesliga: Kovac Keliru Ganti Pemain, Bayern Ditekuk Dortmund

Niko Kovac - Reuters/Lisi Niesner
11 November 2018 11:00 WIB M. Syahran W. Lubis & Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Der Klassiker musim ini menjadi milik Borussia Dortmund.

Lewat penampilan impresif dan pergantian pemain yang jitu, Dortmund mengalahkan Bayern Munchen dalam pertandingan pekan ke-11 Bundesliga di Stadion Signal Iduna Park di Dortmund pada Minggu (11/11/2018) dini hari WIB.

Bayern Munchen dua kali memimpin, 1-0 dan 2-1, berkat gol ujung tombak Robert Lewandowski, tetapi sahibulbait selalu bisa menyamakan kedudukan dan akhirnya berbalik unggul 3-2.

Lewandowski, yang berseragam Dortmund selama empat tahun sebelum pada 2014 pindah ke Bayern Munchen, membuka keunggulan tamu dari Bavaria pada menit ke-26, tetapi Dortmund bisa membalas dari titik penalti melalui kapten Marco Reus saat babak kedua memasuki menit ke-4.

Hanya berselang tiga menit kemudian, Lewandowski memulihkan keunggulan Munchen menjadi 1 - 2.

Di sinilah pergantian pemain menjadi pembeda. Pada menit ke-59, Lucian Favre menarik Mario Gotze yang bermain kurang optimal sebagai ujung tombak dan memasukkan striker asal Spanyol Paco Alcacer.

Tujuh menit kemudian, Nico Kovac secara mengejutkan mengganti Mats Hummels denhan Niklas Sule.

Satu menit sebelumnya Hummels memang bikin blunder dan kalah duel dari Jadon Sancho sehingga Bayern nyaris kebobolan, tetapi di keseluruhan laga, bek terbaik Timnas Jerman itu tampil apik. 

Kovac terbukti keliru. Reus kembali mencatatkan nama di papan skor pada menit ke-67 untuk menyamakan kedudukan menjadi 2 – 2. Gol diawali umpan Lukas Piszczek yang langsung disambar Reus. Gol ini bisa terjadi gara-gara Sule terlambat menutup ruang gerak Reus.

Di sisi lain, keputusan Lucian Favre memasukkan Alcacer tepat. Pemain pinjaman dari Barcelona itu menjadi pahlawan dengan menghasilkan gol ketiga Dortmund pada menit ke-73. 

Kemenangan ini sangat penting bagi Dortmund karena ini pertemuan head to head yang hasilnya akan sangat menentukan tim mana yang berdiri di panggung kampiun Bundesliga pada pertengahan tahun depan.

"Saya puas dengan permainan tim. Ini laga terbuka yang menarik. Setelah Dortmund menyamakan kedudukan 1-1, kami bisa unggul, tetapi kemudian kehilangan kendali di lini tengah. Kami seharusnya bisa imbang di laga ini. Tetapi kesalahan menutup lini tengah membuat kami kalah," ucao Kovac dilansir goal.com.

"Pertandingan yang gila. Bayern bisa mendominasi permainan tetapi kami bisa menekan mereka begitu kehilangan bola," ucao Favre.

Dengan hasil ini, Dortmund dengan nilai 27 di pucuk klasemen, makin meninggalkan Munchen, yang kian kewalahan mempertahankan gelar dan kini mengisi slot ketiga dengan poin 20, tertinggal 3 poin dari peringkat kedua Borussia Monchengladbach yang menaklukkan Werder Bremen 3 – 1.

Hasil pekan ke-11 hingga Minggu dini hari WIB: Hannover 2 vs Wolfsburg 1; Hoffenheim 2 vs Augsburg 1; Werder Bremen 1 vs Borussia Monchengladbach 3; Freiburg 1 vs Mainz 3; Fortuna Dusseldorf 4 vs Hertha Berlin 1; Nurenberg 0 vs Stuttgart 2; Borussia Dortmund 3 vs Bayern Munchen 2.

Jadwal berikutnya (dalam WIB):

Minggu, 11 November:

21:30   RB Leipzig vs Bayer Leverkusen

Senin, 12 November:

00:00   Eintracht Frankfurt vs Schalke 04.