Advertisement

Piala AFF 2018: Dirugikan Wasit, Indonesia Kalah 0-1 dari Singapura

M. Syahran W. Lubis
Jum'at, 09 November 2018 - 21:50 WIB
Budi Cahyana
Piala AFF 2018: Dirugikan Wasit, Indonesia Kalah 0-1 dari Singapura Penyerang Indonesia Alberto Goncalves (kanan) dihadang pemain Singapura Irfan Fandi dalam pertandingan Piala AFF 2018. - Antara/Sigid Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Indonesia menyerah dengan skor tipis 0 – 1 dari tuan rumah Singapura dalam pertandingan pembuka Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11/2018) malam.

Satu-satunya gol dalam pertandingan yang disiarkan secara langsung oleh RCTI itu dicetak oleh Hariss Harun pada menit ke-37. Sebenarnya hanya dua menit setelah kebobolan, Indonesia berhasil melesakkan gol balasan lewat Stefano Lilipaly. Namun, gol itu dianulir wasit Nguyen Hien Triet dari Vietnam yang menganggap Irfan Jaya berdiri di posisi offside sebelum memberikan umpan ke Lilipaly.

Advertisement

Pada babak kedua, sekali lagi keputusan wasit merugikan Indonesia ketika Riko Simanjuntak secara jelas dijatuhkan oleh pemain tuan rumah di dalam kotak penalti, tetapi wasit memutuskan tak terjadi pelanggaran.

Bima Sakti mencoba mengeksploitasi kreativitas Riko Simanjuntak dan Febri Hariyadi dalam laga ini, tetapi penampilan keduanya kurang optimal. Bima Sakti sama sekali  tidak menurunkan Andik Vermansah yang berperan penting menaklukkan Singapura di Piala AFF dua tahun lalu dan memilih memasukkan Septian David Maulana pada menit 84 untuk menggantikan Stefano Lilipaly.

Indonesia di ujung pertandingan kehilangan bek Putu Gede Juni Antara lantaran mendapatkan kartu kuning kedua saat laga telah memasuki waktu tambahan.

Piala AFF 2018 diikuti 10 tim. Grup A diisi Myanmar, Malaysia, Vietnam, Laos, dan Kamboja. Indonesia, runner up edisi sebelumnya, bergabung di Grup B bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste, yang lolos kualifikasi setelah mengalahkan Brunei Darussalam.

Dengan demikian, setiap tim di fase grup akan memainkan empat pertandingan. Dari setiap tim bertanding empat kali, dua di antaranya bermain kandang dan dua lainnya tandang.

Indonesia akan meneruskan perjuangan di ajang ini dengan menjamu Timor Leste pada 13 November, bertamu ke Thailand 17 November, dan menjamu Filipina pada 25 November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement