Liga Europa: Chelsea, Arsenal, dan Lazio, dan 4 Tim Lain Sudah Lolos ke 32 Besar

Chelsea - Reuters/Vasily Fedosenko
09 November 2018 16:00 WIB Ahmad Baihaqi & Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Tujuh tim memastikan diri melaju ke babak ke 32 besar Liga Europa setelah menjalani matchday keempat fase grup pada Jumat (9/11/2018) dini hari WIB.

Chelsea memastikan diri lolos ke babak 32 Besar lebih dulu. The Blues kukuh di puncak klasemen sementara Grup L setelah meraih poin sempurna 12 dari empat laga yang sudah dijalani. Mereka unggul enam angka dari Vidi FC di posisi kedua dan tak terkejar lagi poinnya dari peringkat ketiga PAOK dengan tiga poin di sisa dua laga. Di laga terakhir, Chelsea mengalahkan tuan rumah BATE dengan skor tipis 1-0 berkat gol Olivier Giroud di menit ke-52.

Kemudian berlanjut ke Grup H. Di grup ini, dua tim langsung memastikan diri lolos ke babak 32 Besar Liga Europa yakni Eintracht Frankfurt dan Lazio. Frankfurt dan Lazio menguasai klasemen Grup H. Frankfurt di posisi pertama dengan koleksi 12 poin, sedangkan Lazio di posisi kedua dengan sembilan poin. Frankfurt tadi malam menang 3-2 atas tian rumah Apollon Limassol. Tiga gol Frankfurt dicetak striker yang tengah anik daun Luka Jovic di menit 17, penyerang Prancis Sebastian Haller di menit 55, dan gelandang Serbia Mijat Gaconovic di menit 58. Dua gol sahibulbait dilesakkan Emilio Zelaya di menit ke-71 dan penalti di menit ke-90.

Tim yang lolos selanjutnya adalah Bayer Leverkusen dan FC Zurich dari Grup A. Di laga terbaru, Leverkusen menang 1-0 atas Zurich. Hal itu membuat kedua tim tersebut sama-sama memiliki sembilan poin, unggul tujuh poin dari Ludogorets Razgrad dan AEK Larnaca di sisa dua laga.

Menyusul kemudian Arsenal dari Grup E. The Gunners memastikan diri lolos meski hanya bermain imbang tanpa gol kontra Sporting. Kekalahan Vorskla 0-1 dari Qarabag ikut membantu kelolosan The Gunners yang kini memuncaki grup dengan 10 poin, unggul tiga angka dari Sporting dan tujuh angka dari dua tim terbawah.

Satu tim lagi yang juga melangkah ke 32 besar adalah Dinamo Zagreb. Di partai terbaru, Zegreb mampu menundukkan Spartak Trnava dengan skor 3-1. Kemenangan tersebut membuat Zegreb unggul sembilan poin dari Trnava di peringkat ketiga klasemen Grup D.

Berikut tujuh tim yang sudah lolos ke babak 32 besar Liga Europa
Bayern Leverkusen (Grup A)
FC Zurich (Grup A)
Dinamo Zagreb (Grup D)
Arsenal (Grup E)
Eintracht Frankfurt (Grup H)
Lazio (Grup H)
Chelsea (Grup L)