Piala AFF 2018: Rekor Bagus Andik Melawan Singapura

Andik Vermansyah saat berlatih bersama rekan-rekannya - pssi.org
09 November 2018 17:25 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Indonesia bisa mengandalkan Andik Vermansyah saat menghadapi Singapura pada laga perdana Piala AFF 2018. Pasalnya, Andik memiliki rekor bagus saat melawan The Lions.

“Sepulang dari uji coba melawan Hong Kong, saya bekerja lebih keras lagi, namun sayang ternyata saya tidak masuk dalam skuat AFF, tapi tidak apa-apa rencana Allah pasti indah,” begitulah pernyataan Andik Vermansyah beberapa waktu lalu.

Gelandang mungil ini memang awalnya tidak masuk skuat Timnas Indonesia ke Piala AFF 2018. Tapi, Pelatih Indonesia, Bima Sakti, akhirnya memanggil Andik setelah salah satu pemainnya, Saddil Ramdani, terlibah kasus penganiayaan.

Bima tentu tidak akan menyesal akhirnya menyertakan Andik ke Piala AFF setelah menengok statistiknya melawan Singapura. Kebetulan, Singapura merupakan lawan perdana yang bakal dihadapi Indonesia pada partai perdana Grup B Piala AFF 2018 di The National Stadium, Singapura, Jumat (9/11/2018) pukul 19.00 WIB.

Dalam dua pertemuan terbaru melawan Singapura di Piala AFF, Indonesia selalu menang dengan diwarnai gol Andik! Andik membawa Merah Putih menaklukkan The Lions (Singa), julukan Singapura, dengan gol semata wayangnya pada fase grup Piala AFF 2012.

Pemain Kedah FA, Malaysia, tersebut juga menyokong sebiji gol ketika Tim Garuda menaklukkan Singa 2-1 pada fase grup Piala AFF 2016. Sedangkan satu gol lain Indonesia saat itu disumbang Stefano Lilipaly. Maka tak berlebihan jika pemain yang pernah dijuluki Lionel Messi-nya Indonesia tersebut mendapat label sebagai “Penakluk Singa”.

“Jujur, saya percaya diri, tim kami dipenuhi dengan talenta-telanta muda. Kami tidak takut meski kami bermain di kandang mereka. Karena dalam pertemuan belakangan ini kami sering menang melawan Singapura, itu menjadi keyakinan kuat,” jelas Andik, seperti dilansir goal.com, Kamis (8/11/2018).

Andik cs. juga berharap dukungan dari suporter Merah-Putih yang melakoni away day ke Singapura. Tiket tandang di The National Stadium disebut-sebut sold out. Winger berusia 26 tahun itu yakin Tim Garuda akan mendapat dukungan langsung oleh warga Indonesia yang berkerja di Malaysia, negara yang berhimpitan dengan Singapura.

“Jika itu benar, saya sangat senang. Semoga TKI [tenaga kerja Indonesia] di Malaysia bisa datang ke sini lagi. Ini bisa menambah semangat kami,” ungkapnya.

Sumber : JIBI/Solopos