PERSIJA VS PS TIRA : Preview dan Prediksi

Aksi The Jakmania saat mendukung Persija - Antara/Rosa Panggabean
09 November 2018 18:55 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BEKASI - Duel bumi dan langit bakal tersaji saat Persija Jakarta menjamu PS Tira di pekan ke-30 Liga 1 2018 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (10/11/2018) sore.

Meski terpaut cukup jauh di papan klasemen, namun pertemuan kedua kedua kesebelasan ini dipastikan akan berlangsung ketat. Sebab, kedua klub memiliki kepentingan masing-masing untuk meraih tiga poin.

Persija Jakarta butuh kemenangan guna memangkas poin dengan pemuncak klasemen PSM Makassar, sekaligus memperbesar peluang mereka untuk menjadi juara Liga 1 2018.

Sedangkan PS Tira, kemenangan wajib direalisasikan demi selamat dari ancaman degradasi. Hal ini mengingat, sampai pekan ke-29, The Young Warriors berada di posisi ke 17 klasemen sementara Liga 1.

Dibandingkan sang tamu, Persija memiliki beban lebih. Sebab, mereka wajib memenangkan pertandingan kali ini demi menjaga kans juara. Sebab, kekalahan akan membuat jarak dengan pemuncak klasemen PSM Makassar semakin jauh. Sebaliknya, bagi PS Tira, kekalahan akan memperbesar peluang mereka untuk turun ke Liga 2.

Di sisi lain, Persija tidak akan diperkuat oleh penjaga gawang andalan mereka, Andritany Ardhiyasa dan Riko Simanjuntak yang dipanggil Timnas Indonesia. Sementara PS Tira akan tampil full team menghadapi Macan Kemayoran.

Sedangkan jika melihat tren permainan kedua kesebelasan, baik Persija maupun PS Tira sedang dalam tren kurang baik. Pada pertandingan terakhir, Persija dipaksa menyerah dengan skor 3-0 dari Persebaya, sedangkan PS Tira harus menelan kekalahan 3-1 atas tuan rumah Barito Putera.

Sementara di pertemuan kedua kesebelasan ini adalah pertemuan kedua di kompetisi kali ini. Pada pertemuan pertama di Stadion Sultan Agung, beberapa waktu lalu, PS Tira dikalahkan dengan skor telak 0-5.

Meski memiliki rekor baik saat berjumpa PS Tira, namun pelatih Persija Stefano Cuggura mengaku tidak ingin memandang sebelah mata kekuatan dari Radanfah Abu Bakr dan kawan-kawan.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra menyatakan PS Tira kondisi saat ini adalah tim memiliki semangat untuk mengalahkan semua musuh.

Sebab, dengan posisi tim asuhan Nil Maizal yang berada di zona degradasi, tidak ada pilihan lain bagi para pemain selain memetik kemenangan pada semua pertandingan sisa yang akan dijalani, termasuk saat berjumpa Persija.

Menurut Teco tim papan bawah sebenarnya jauh lebih berbahaya dari papan tengah atau atas. Saat ini PS Tira berada di posisi ke 17 dengan raihan 32 poin. Manahati Lestuseb berjarak satu poin dengan zona aman.

“Semua tim di papan bawah butuh poin buat keluar dari zona degradasi. Lawan seperti ini pastinya tidak mudah mereka kerja keras. Pertama harus respek yang lawan, ditambah kita sudah kerja keras di latihan, yang sekarang kita hanya tunggu pertandingan disana kita tinggal keras,” ujar Teco, Jumat (9/11/2018).

Lebih lanjut pelatih asal Brasil ini juga tegaskan kesiapan anak asuhnya. Apalagi mereka juga memiliki tekad segera bangkit di pertandingan selanjutnya menghadapi PS Tira.

“Kemarin mungkin gol pertama yang cepat dan stadion juga penuh membuat lawan bisa menang dari kita. Ditambah kita kurang konsentrasi waktu marking bola. Saya disini latih banyak materi dan memperbaiki apa yang kurang. Pertandingan selanjutnya sudah dekat lawan PS Tira kedepan harus lebih bagus,” tutur pelatih berusia 44 tahun tersebut.

Sementara pelatih PS Tira Nil Maizar mengatakan, jelang melawan Persija, dirinya sengaja mendatangkan empat pemain, yakni Ryan Wiradinata, Mahdi Albar dan Dimas Drajad. Keempat pemain tersebut sempat tidak dibawa saat bertandang ke markas Barito Putera.

"Kami sengaja datangkan mereka. Nanti kami lihat kondisi terakhirnya, apakah masuk line up," ucap Nil.

Mengenai kekuatan Persija, Nil Maizar menyatakan timnya telah mengetahui kekuatan dari tim Macan Kemayoran. Selain itu, sejumlah persiapan juga telah dilakukan untuk merealisasikan target poin di kandang Persija.

"Semua sudah kami persiapkan semua. Anak-anak harus fokus pada pertandingan kali ini," ucap Nil.