Liga Champions Grup H: Kalahkah Juve dengan Permainan Butut, MU Diejek Cristiano Ronaldo

Jose Mourinho - Reuters/Stefano Rellandini
08 November 2018 16:35 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gol tendangan bebas Juan Mata dan gol bunuh diri Alex Sandro di menit-menit akhir berhasil membalikkan keadaan sehingga Manchester United menundukkan tuan rumah Juventus dalam laga keempat Grup H Liga Champions 2018/2019, Kamis (8/7/2018) dini hari WIB. Dengan permainan bututnya, MU tetap bisa menang.

Sepakan voli Cristiano Ronaldo pada menit ke-65 setelah memanfaatkan umpan Bonucci pun jadi sia-sia. Juventus masih memimpin klasemen sementara dengan sembilan poin, padahal seandainya seri saja, La Vechia Signora bakal melaju ke fase gugur. Juve masih punya peluang besar untuk melaju karena di dua laga sisa akan menjamu Valencia dan bertandang ke penghuni juru kunci, Young Boys.

Sementara, United yang kini mengolekasi tujuh angka juga punya kans besar untuk lolos. MU akan bertandang ke Valencia dan menjamu Young Boys di dua laga tersisa. Valencia yang di laga tadi malam menang 3-1 atas Young Boys kini berada di peringkat ketiga dengan nilai lima. Valencia menang lewat gol Santi Minta (14’ dan 42’) serta Carlos Coler (56’). Adapun sebiji gol Young Boys dilesakkan Roger Assale di menit ke-37.

Juve sangat kecewa dengan kekalahan atas United karena mendominasi permainan. Juve bahkan bisa saja unggul 2-0 beberapa menit setelah gol Ronaldo. Sayangnya, tendangan keras Miralem Pjanic dari luar kotak penalti bisa ditepis David de Gea.

“Kami sangat dominan sepanjang 90 menit, menciptakan banyak peluang dan bisa saja mencetak tiga atau empat gol. Tetapi kemudian kami terlena dan akhirnya kalah. United tak berbuat apa pun untuk menang. Ini bukan soal keberuntungan karena Anda harus berusaha keras untuk mendapat keberuntungan. Mereka tak berbuat sesuai untuk mendapat keberuntungan. Ini kesalahan kami karena kami memberi mereka keberuntungan,” ujar Ronaldo sebagaimana dilansir Football Italia.

Dua gol United tak dihasilkan dari permainan terbuka nan menawan. Gol penyama kedudukan lahir dari sepakan bebas. Sementara, gol kemenangan berawal dari sepakan bebas Ashley Young. Marouane Fellaini yang memenangi duel udara kemudian menyundul, meski bola hanya menyerempet rambutnya dan akhirnya mengenai wajah Ales Xandro. Juve pun kebobolan gara-gara wajah Alex Sandro.

Mourinho, seperti biasa, mengangung-agungkan prinsi asal menang. Permainan jelek anak asuhnya pun tetap dipuji.

“Kami memainkan permainan terbaik di level atas. Kami tak bisa bermain lebih baik ketimbang ini,” ujar Mou.