Advertisement

PIALA AFC U-19: Arab Saudi Juara, Kalahkan Korsel di Final

Budi Cahyana
Minggu, 04 November 2018 - 22:18 WIB
Budi Cahyana
PIALA AFC U-19: Arab Saudi Juara, Kalahkan Korsel di Final Gelandang Korea Selatan U-19 Um Wong-san (kiri) berebut bola dengan gelandang Arab Saudi U-19 Mohammed Alshanqiti (kanan) dalam final Piala AFC U-19 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/11/2018). - Antara/Yulius Satria Wijaya

Advertisement

Harianjogja.com, BOGOR—Arab Saudi menjuarai Piala AFC U-19 2018 setelah menundukkan Korea Selatan dengan skor 2-1 dalam final di Stadion Pakansari, Bogor,  Jawa Barat, Minggu (4/11/2018) malam WIB.

Dua gol Arab Saudi dihasilkan Turki Al-Ammar di menit kedua dan Khalid Al-Ghannam di menit ke-22. Adapun satu gol Korea Selatan dilesakkan penalti Cho Young-wook di menit ke-64.

Advertisement

Saudi langsung menggebrak begitu peluit kick off dibunyikan. Di menit kedua, Al-Ammar mencetak gol setelah menyambar bola rebound. Ini adalah gol keempat Al-Ammar di turnamen ini. Catatan golnya adalah ke gawang Malaysia, Australia, Jepang, dan Korea. Al-Ammar pun dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen. Saudi terus mengurung dan nyaris menggandakan keunggulan di menit kesembilan andai saja sepakan Ali Alsahanqiti tidak diblok bek Korea Kim Hyun-woo.

Selanjutnya, Korea nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-15. Sayangnya, bola sepakan Um Won-sang ditepis kiper Abdulrahman Al-Shammari.

Korea malah kebobolan di menit ke-22. Khalid Al-Ganam melepaskan tembakan melengkung yang tak mampu ditahan kiper Choi Min-soo.  Korea kemudian menyerang dan di menit ke-35, sepakan Cho Young Wook masih melenceng tipis di tiang gawang Al-Shamamri.

Tiga menit babak kedua dimulai, Al-Ammar nyaris menambah gol, sayang bola sepakannya membentur tiang. Saudi tak seagresif babak pertama, tetapi tampil sangat disiplin.

Korea akhirnya memperkecil ketinggalan di menit ke-64 setelah Cho Young-wook sukses mengeksekusi penalti. Penalti diberikan karena striker Jeon Se-jin dilanggar di kotak terlarang. Korea harusnya menyamakan kedudukan di menit ke-80 dan bisa memaksa laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Namun, Jeon Se-Jin gagal mencepoloskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Ini adalah gelar ketiga Arab Saudi di Piala AFC U-19. Kali terakhir mereka menjadi juara pada Piala AFC U-19 1992. Tahun lalu, Saudi menjadi runner up setelah kalah adu penalti lawan Jepang.

Di turnamen tahun ini, Saudi sangat ganas dengan menyapu seluruh laga. Di fase grup, Saudi mengalahkan Malaysia 2-1, Tiongkok 1-0, dan Tajikistan 3-1. Di perempat final, Green Falcon menang 3-1 atas Australia. Di semifinal, Saudi menundukkan favorit juara Jepang dengan skor 2-0 dan di partai puncak menundukkan Korea dengan permainan yang apik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement