Advertisement

Piala AFC U-19: Kalah dari Qatar, Indonesia Hampir Pasti Tersingkir

Budi Cahyana
Minggu, 21 Oktober 2018 - 22:46 WIB
Budi Cahyana
Piala AFC U-19: Kalah dari Qatar, Indonesia Hampir Pasti Tersingkir Ekspresi pemain Indonesia U-19 setelah Qatar U-19 mencetak gol. - Antara/Wahyu Putro

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Peluang Indonesia U-19 untuk melaju ke perempat final Piala AFC U-19 2018 sudah sangat kecil. Hanya keajaiban dan kegigihan yang bisa meloloskan Indonesia ke fase gugur.

Di klasemen sementara grup A sekarang, Uni Emirat Arab (UEA) memimpin dengan enam poin berkat kemenangan 2-1 atas Qatar dan 8-1 atas Taiwan. Qatar menguntit di belakangnya dengan tiga poin, hasil kemenangan 6-5 atas Indonesia dan kekalahan 1-2 dari UEA. Agregat gol Qatar 7-7.

Advertisement

Indonesia berada di peringkat ketiga, juga dengan nilai sama setelah menang 3-1 atas Taiwan dan kalah 5-6 dari Qatar. Agregat gol Indonesia sebenarnya lebih banyak ketimbang Qatar, yakni 8-7.

Sayangnya, AFC mengutamakan head to head ketimbang agregat gol sebagai tie breakers (penentu keunggulan ketika lebih dari dua tim bernilai sama). Dengan demikian, Indonesia hampir pasti gagal melaju ke delapan besar dan harus mengubur impian melaju ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Kemenangan atas UEA pada laga terakhir, Rabu (24/10/2018) malam akan membuat situasi rumit jika di pertandingan yang lain di waktu yang sama, Qatar mengalahkan Taiwan.

Jika ini yang terjadi, Indonesia, Qatar, dan UEA akan bernilai sama: enam. Penentu kelolosan adalah selisih gol. Head to head tak berlaku karena Indonesia mengalahkan UEA, UEA mengalahkan Qatar, dan Qatar mengalahkan Indonesia. 

Kans Qatar untuk menang sangat besar karena Taiwan adalah tim lemah yang sudah dua kali kalah, 1-3 dari Indonesia dan 1-8 dari Qatar. Bakal jadi kejutan besar jika Taiwan bisa menang atau menahan seri Qatar. Sementara, kans Indonesia untuk menang atas UEA agak susah di atas kertas. Padahal, Indonesia wajib menang dengan skor besar karena  UEA sudah mengantongi selisih gol yang banyak, 10-2 alias plus 8, sedangkan selisih gol Indonesia baru plus 1.

Qatar akan melaju ke perempat final asal menang dengan skor berapa pun atas Taiwan. Sementara, Indonesia setidaknya harus menang dengan selisih empat gol atas UEA. Bagi Indonesia, menang dengan selisih empat gol lebih atas UEA adalah pekerjaan yang sangat sukar.

Di sisi lain, peluang Taiwan untuk lolos ke perempat final masih ada, tetapi sangat kecil. Tim ini bisa melaju ke fase gugur asalkan menang dengan skor besar atas Qatar dan Indonesia kalah dengan skor besar dari UEA. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jogja Tuan Rumah Superchallenge Supermoto 2024, Catat Tanggalnya

Olahraga
| Sabtu, 20 April 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement