Setelah Tekuk Jerman, Masa Depan Sepak Bola Belanda Cerah

Skuat Belanda - Reuters/Piroschka van de Wouw
14 Oktober 2018 15:50 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Pelatih Timnas Belanda Ronald Koeman melihat masa depan yang cerah bagi persepakbolaan Negeri Kincir Angin itu setelah melumat juara dunia empat kali Jerman dengan skor telak 3 – 0.

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Johan Cruyf Arena di Amsterdam pada Minggu (14/10/2018) dini hari WIB itu merupakan lanjutan laga Grup 1 Liga A UEFA Nations League.

Koeman, mantan bek andalan Timnas Belanda dan Barcelona, mengungkapkan kebangaannya atas kemenangan fenomenal yang merupakan skor terbesar yang pernah diraih Belanda atas Jerman sepanjang sejarah.

“Ini memberikan banyak kepercayaan diri untuk masa depan. Kami jelas bangga, ini pertarungan yang dulit dipercaya, dan kami berhasil menunjukkan bahwa kami mampu memainkan sepak bola yang hebat,” tuturnya sebagaimana dilansir NOS.

Kemenangan bersejarah itu, menurut Koeman, mengindikasikan masa depan sepak bola Belanda sangat cerah. “Setiap orang memerlukan ini, para pemain, staf pelatih, dan semua orang Belanda,” tambahnya.

Dalam pertandingan tersebut, dua pemain Liverpool, bek Virgil van Dijk dan gelandang Georginio Wijnaldum menyumbang masing-masing satu gol. Adapun sebiji gol lainnya dikontribusi penyerang Lyon Memphis Depay.

Kemenangan begitu telak jelas mengejutkan mengingat Jerman adalah juara Piala Dunia sebanyak empat kali yakin edisi 1954, 1974, dan 1990 sebagai Jerman Barat, serta pada 2014 di Brasil sebagai satu-satunya negara Eropa yang bisa menjuarai Piala Dunia di Amerika Selatan. Di sisi lain, Belanda tak lolos ke Euro 2016 dan Piala Dunia 2018.

Pernyataan Koeman bahwa pertandingan itu menjanjikan masa depan cerah bagi Belanda bukan hanya karena kemenangan telak, tetapi juga karena dia menurunkan dua pemain debutan yakni Denzel Dumfries dan Steven Bergwijn, keduanya pemain PSV Eindhoven. Dumfries, bek kanan, masih berumur 22 tahun, sedangkan Bergwijn, striker, berusia 21 tahun.

Beberapa pemain pilar juga masih belia. Bek tengah Matthijs de Ligt baru berumur 19 tahun, dan gelandang bertahan Frenkie de Jong baru 21 tahun. Keduanya adalah andalah Ajax Amsterdam dan menjadi incaran banyak klub top Eropa.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia