UEFA Nations League: Jerman Babak Belur di Belanda

Timnas Belanda merayakan gol kedua ke gawang Jerman dalam pertandingan UEFA Nations League. - Reuters/Piroschka Van de Wouw
14 Oktober 2018 14:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Belanda mempermalukan Jerman dengan skor telak 3 – 0 dalam lanjutan pertandingan Grup 1 Liga A UEFA Nations League di Johan Cruyff Arena di Amsterdam pada Minggu (14/10/2018) dini hari WIB.

Hasil laga tersebut jelas merupakan kejutan besar mengingat Belanda selalu gagal lolos ke putaran final dua turnamen besar terakhir yakni Piala Eropa (Euro) 2016 dan Piala Dunia 2018, sedangkan Jerman juara Piala Dunia empat kali dan terakhir lolos ke Piala Dunia 2018 meski kandas di fase grup.

Ini merupakan kemenangan dengan skor terbesar Belanda atas Jerman sepanjang sejarah. Sebaliknya Jerman meneruskan tren buruk hanya tiga kali meraih kemenangan dalam 10 pertandingan sepanjang tahun ini.

Dalam laga kali ini, bek yang sehari-hari merumput bersama Liverpool, Virgil van Dijk, membuka keunggulan pada menit ke-30. Skor 1 – 0 bertahan hingga rehat. Dia menyambar bola rebound hasil sundulan Ryan Babel yang membentur mistar gawang.

Pada babak kedua, tuan rumah menambah dua gol lagi di ujung pertandingan. Penyerang klub Lyon Memphis Depay menggandakan keunggulan skuat Oranje pada menit ke-86 serta gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum menambah satu lagi pada injury time babak kedua.

Depay pun hampir menambah keunggulan Belanda pada menit-menit akhir pertandingan, tetapi bidikannya hanya menghantam tiang gawang Jerman yang dikawal kiper kawakan Manuel Neuer.

Dengan kemenangan ini, Belanda menempati slot kedua klasemen sementara Grup 1 dengan nilai 3 setelah pada pertandingan pertama bulan lalu kalah 1 – 2 versus Prancis, sedangkan Jerman di dasar klasemen dengan nilai 1 hasil seri tanpa gol saat menjamu Prancis bulan lalu.

Pertandingan selanjutnya, Prancis, juara dunia yang tengah memimpin klasemen sementara Grup 1 dengan nilai 4, akan menjamu Jerman pada Rabu (17/10/2018) dini hari WIB. Sementara itu, Belanda, yang ditangani Ronald Koeman, baru bermain lagi pada 16 November dengan menjamu Prancis.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia