Advertisement

Kroasia Vs Inggris: Tuan Rumah Bakal Kesulitan

Chrisna Chaniscara
Jum'at, 12 Oktober 2018 - 17:25 WIB
Budi Cahyana
Kroasia Vs Inggris: Tuan Rumah Bakal Kesulitan Jadon Sancho, salah satu debutan di skuat Inggris yang dipersiapkan menghadapi Kroasia. - Reuters/Carl Recine

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Inggris akan kembali bertemu lawan yang memupuskan mimpi mereka melangkah ke partai final Piala Dunia 2018 lalu pada Sabtu (13/10/2018) dini hari WIB nanti. Kroasia bakal menjadi lawan The Three Lions dalam lanjutan Grup 4 Liga A UEFA Nations League di Stadion HNK, Rijeka.

Rasa kecewa dan terpukul memang masih menggelayuti skuat Inggris meski kekalahan 1-2 dari Kroasia di semifinal Piala Dunia di Rusia sudah berlalu tiga bulan silam. Bagaimana tidak, kekalahan tersebut membuat pasukan Gareth Southgate gagal mengulangi sejarah Piala Dunia 1996 saat Inggris mampu tampil di final dan menjadi juara dunia. Tersingkirnya Inggris di semifinal juga menjadi antiklimaks penampilan memukau mereka selama Piala Dunia 2018.

Advertisement

Namun jika melihat kondisi kedua tim saat ini, misi balas dendam rasanya tidak sulit bagi Inggris. Kroasia mendadak kehilangan taji setelah pemain pilarnya seperti Mario Mandzukic dan Danijel Subasic mundur dari timnas. Kekalahan telak 0-6 dari Spanyol di laga perdana UEFA Nations League menjadi salah satu parameter ada yang salah dengan performa Vatreni. 

Kondisi Kroasia kian compang-camping karena harus meninggalkan duo Inter Milan, Sime Vrsaljko dan Marcelo Brozovic yang mengalami cedera. Untungnya mereka punya kabar baik dengan kembalinya Ante Rebic dari cedera dan Dejan Lovren yang batal gantung sepatu dari Timnas. 

Lovren meyakini Inggris akan keluar untuk balas dendam saat melawan timnya di Rijeka. Dia menilai laga tersebut akan sulit bagi Kroasia karena mereka harus tampil tanpa penonton, buntut insiden munculnya lambang swastika di Stadion Poljud, Split, saat laga melawan Italia di Kualifikasi Piala Eropa 2016 pada Juli 2015. 

“Ini memalukan karena Rijeka punya stadion yang kecil dan indah. Itu akan menjadi pertandingan yang sulit, mungkin untuk kedua tim,” ujar bek Liverpool itu seperti dilansir BBC.

Inggris sendiri tak memandang laga melawan Kroasia sekadar misi balas dendam. Di laga tersebut, Southgate akan kembali bereksperimen dengan para pemain barunya. Tercatat empat pemain yang akan mencetak debutnya di timnas senior.

Para pemain itu adalah Jadon Sancho (Borussia Dortmund), Mason Mount (Derby County), James Maddison (Leicester City) dan Lewis Dunk (Brighton). Keempat debutan ini menjadi proyek peremajaan skuat ala Southgade lantaran usianya mereka masih sangat muda. Sancho dan Mount bahkan belum genap berusia 20 tahun.

Bek sayap Inggris, Kieran Trippier, tidak memandang partai melawan Kroasia sebagai ajang balas dendam atas kekalahan di Piala Dunia 2018. Namun dia memastikan duel di Rijeka akan menjadi laga yang berbeda dibanding saat Inggris keok tiga bulan lalu. Three Lions sendiri memang berambisi meraih tiga poin setelah takluk 1-2 dari Spanyol di laga pembuka UEFA Nations League. 

“Kami ingin pergi ke sana untuk mencuri kemenangan, mendapatkan poin penuh yang kami butuhkan dan kemudian bersiap menghadapi Spanyol.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement