PERSIBA BALIKPAPAN VS PSIM JOGJA : Preview dan Prediksi

Pemain Persiba Balikpapan (putih) mencoba mengalihkan perhatian anjing pada pertandingan antara PSIM Jogja melawan Persiba Balikpapan di Stadion Sultan Agung Bantul, Selasa (15/5/2018) sore. - Harian Jogja/Jumali
14 September 2018 18:55 WIB Jumali Sepakbola Share :
Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia


Harianjogja.com, BALIKPAPAN - Konsistensi permainan PSIM Jogja di laga tandang kembali diuji, saat dijamu tuan rumah Persiba Balikpapan, di Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu (14/9/2018) sore. Pada laga tandang kali ini, PSIM Jogja menargetkan meraih poin demi mengamankan meningkatkan posisi mereka di papan klasemen sementara.

Sebab, hingga pekan ke-15, PSIM Jogja masih berada di posisi ke-7 dengan 19 poin, atau terpaut dua poin dari sang tuan rumah Persiba Balikpapan di posisi ke-delapan.

Sedangkan dari head to head kedua kesebelasan, di pertemuan pertama, PSIM sukses meraih kemenangan dengan skor 2-1 dari Persiba Balikpapan di Stadion Sultan Agung Bantul (15/5/2018) lalu. Sementara rekor PSIM Jogja saat melakoni laga away di kompetisi Liga 2 2018, cukup baik.

Dari lima laga away yang telah dijalani, Hendika Arga dan kawan-kawan tercatat mampu meraih dua kemenangan, dua kekalahan dan sekali seri. Kekalahan didapatkan oleh PSIM di kandang Mojokerto Putra dengan skor 4-1 (10/8/2018) dan di kandang Madura United 3-1 (26/4/2018).

Sedangkan hasil imbang didapatkan saat PSIM berlaga di kandang PSBS Biak dengan skor 0-0 lalu. Sementara di dua laga tandang lainnya, yakni di kandang Blitar United, PSIM menang 1-3 (26/7/2018), dan kemenangan kembali diraih oleh PSIM di kandang Persegres 2-3 (10/5/2018).

Meski mencatat hasil cukup baik saat melakoni laga tandang, namun capaian hasil tersebut belum bisa dijadikan tolok ukur bagi PSIM untuk meraih kemenangan di laga kali ini. Oleh sebab itu, pelatih PSIM Jogja Bona Simanjuntak mengatakan, pada laga kali ini pihaknya menargetkan satu poin. Sebab, raihan satu poin di kandang Persiba, sangat penting bagi skuatnya untuk memperbaiki peringkat yang ada.

"Kami targetkan curi poin di Balikpapan. Semua sudah kami persiapkan, baik dengan menonton rekaman pertandingan mereka, maupun melakukan pembenahan di skuat," terang Bona, Jumat (14/8/2018).

Menurut Bona, untuk mampu merealiasikan target curi poin di kandang Persiba, para pemain harus mampu tampil fokus dan meminimalisasi kesalahan individu maupun saat pengambilan bola. Sebab, bisa saja, kesalahan kecil ini akan membawa keuntungan bagi Persiba.

Bona mengungkapkan, dibandingkan putaran pertama, kekuatan tim Beruang Madu dipastikan mengalami perubahan. Di mana saat ini Persiba ditangani oleh Haryadi dan diisi oleh sejumlah pemain baru. Di sisi lain, kewaspadaan harus ditunjukkan oleh para pemain PSIM Jogja, mengingat Persiba akan lebih banyak mengandalkan bola silang. Sementara antisipasi bola silang, saat ini masih menjadi kendala bagi skuat PSIM Jogja.

Hal ini terbukti dengan satu gol yang bersarang ke gawang Ivan Febrianto pada saat menjamu PSBS Biak. Saat itu, pemain belakang PSIM terlihat ragu dan terlalu fokus kepada bola, tanpa melihat pergerakan pemain lawan.

"Ini yang jadi catatan kami. Kami sudah benahi, dan semoga anak-anak bisa menerapkannya. Selain itu, kami minta anak-anak untuk lebih berani mengambil keputusan kapan harus melakukan eksekusi saat di depan gawang lawan," ucap Bona.

Selain itu, lanjut Bona, untuk mencapai target meraih poin, salah satu strategi yakni dengan melakukan penumpukan pemain, dimungkinkan diterapkannya di kandang Persiba. Bona bisa melakukan penumpukan pemain di lini tengah dan mengandalkan, kecepatan dari para pemain sayap untuk menusuk dan mengirimkan umpan ke barisan penyerang.

"Soal itu nanti kami lihat kondisi di lapangan," terangnya.

Jual Beli Online Aman dan Nyaman - Tokopedia