3 Muka Baru di Spanyol Era Luis Enrique

Luis Enrique - Reuters/Sergio Perez
02 September 2018 17:55 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pelatih anyar Timnas Spanyol Luis Enrique memanggil tiga debutan untuk menghadapi UEFA Nations League melawan Inggris pada 8 September dan Kroasia tiga hari kemudian.

Kiper Pau Lopez, bek kiri Jose Gaya, dan gelandang Dani Ceballos adalah muka baru di La Roja. Sementara, dua pemain lawas, bek kiri Jordi Alba dari dan gelandang Koke dari Atletico Madrid ditepikan.

Ini adalah era baru Spanyol selepas tiga pemain yang menjadi bagian dari kejayaan Matador di Piala Dunia 2010 dan Euro 2012 pensiun. Andres Iniesta, David Silva, dan Gerard Pique tak lagi berseragam Spanyol.

Enrique mengaku tak akan banyak mengubah gaya main yang sudah dibangun sejak era Luis Aragones.

“Gaya kami akan tetap sama, mencoba mendikte permainan, tetapi kami perlu menerapkan sedikit sentuhan-sentuhan baru ke dalamnya,” ucap Enrique sebagaimana dilansir dari Reuters, Minggu (2/9).

Enrique adalah pelatih yang mengubah wajah Barcelona yang didominasi possesion football menjadi lebih luwes dengan sesekali menerapkan umpan lambung dan serangan balik. Metode serupa juga akan dia pakai di Timnas Spanyol.

“Kami tidak akan membandingkan diri kami dengan skuat-skuat Spanyol di masa lalu yang telah memenangi banyak hal. Saya akan memainkan 4-3-3, yang merupakan gaya yang saya sukai.”

Di pengujung era kepelatihannya bersama Barcelona, Enrique sempat menerapkan 3-4-3 dan salah satu pemain yang menjadi korban adalah bek kiri Jordi Alba. Tak jelas benar apakah hubungan Enrique dan Alba retak setelah itu. Namun, Enrique berjanji tidak akan melupakan pemain yang tampil bagus.

“Saya akan membuka pintu untuk siapa pun.”

Pemain Spanyol untuk Laga UEFA Nations League Melawan Inggris & Kroasia

Kiper: David de Gea (Manchester United), Kepa Arrizabalaga (Chelsea), Pau Lopez (Betis).

Bek: Dani Carvajal (Real Madrid), Nacho (Real Madrid), Sergio Ramos (Real Madrid), Diego Llorente (Real Sociedad), Inigo Martinez (Athletic Club), Jose Gaya (Valencia), Cesar Azpilicueta (Chelsea), Marcos Alonso (Chelsea), Raul Albiol (Napoli).

Gelandang: Sergio Busquets (Barcelona), Sergi Roberto (Barcelona), Rodrigo (Atletico), Saul Niguez (Atletico), Dani Ceballos (Real Madrid), Thiago Alcantara (Bayern Munich).

Penyerang: Isco (Real Madrid), Marco Asensio (Real Madrid), Diego Costa (Atletico), Rodrigo Moreno (Valencia), Alvaro Morata (Chelsea), Suso (AC Milan).