Alisson Tak Lebih Baik dari Karius

Alisson Becker - Reuters/Carl Recine
02 September 2018 20:25 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pupus sudah ambisi Alisson Becker untuk menyamai rekor legenda Liverpool, Pepe Reina, tak pernah kebobolan dalam laga perdananya sebagai starter di Liga Premier Inggris.

Gawang Alisson kebobolan ketika Liverpool menaklukkan Leicester City 2-1 di King Power Stadium, Leicester, Sabtu (1/9/2018) malam WIB. Celakanya, gol ke gawang Liverpool terjadi karena blunder kiper yang dibeli dari AS Roma dengan harga 67 juta poundsterling (Rp1,2 triliun) tersebut.

Alisson yang dipuja-puja dalam tiga laga pembuka The Reds memang tampil menawan saat mengawali laga di King Power Stadium. Dia membukukan sederet penyelamatan krusial.  Namun, setelah pertandingan berjalan sekitar satu jam, kiper Timnas Brasil tersebut melakukan kecerobohan.

Alisson tidak langsung membuang bola ketika menerima backpass. Dia malah memainkan bola dengan kakinya di wilayah pertahanan The Reds. Striker Leicester, Kelechi Iheanacho, yang berada di dekatnya langsung merebut bola tersebut dan menjadi assist atas satu-satunya gol tuan rumah yang dilesakkan Rachid Ghezzal pada menit ke-63.

Blunder Alisson itu mengingatkan fans The Reds pada blunder kiper mereka, Loris Karius di final Liga Champions musim lalu. Karius sendiri akhirnya terpaksa hengkang ke Besiktas, tengah pekan ini, karena The Reds lebih percaya pada Alisson.

“Kami secara konstan mendapatkan bola dan diberikan ke kiper, namun pemain perlu belajar mengenai solusi lain. Joe Gomez [bek Liverpool] seharusnya bisa membuang bola itu, begitu juga Alisson,” ujar Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, melihat gawang timnya kebobolan untuk kali pertama sejak awal musim, seperti dilansir dailystar.co.uk, Sabtu. 

Beruntung, blunder Alisson tidak berdampak pada perolehan poin. The Reds masih melanjutkan poin sempurna dalam empat laga. Pada babak pertama, Liverpool unggul 2-0 melalui gol Sadio Mane dan Roberto Firmino. Ini merupakan gol pertama Firmino bagi The Reds di Liga Premier musim ini.

“Dua belas poin dan seseorang mengatakan star musim ini kami lebih sedikit kebobolan. Setelah ini para pemain akan melakoni jeda internasional, semoga mereka kembali dengan fit bersama Liverpool dan kembali meneruskan musim ini,” jelas Klopp. 

Sumber : JIBI/Solopos