Advertisement

Asian Games 2018: Berkat Pemain Klub Eropa, Korea Kalahkan Jepang di Final & Para Pemain Bebas dari Wajib Militer

Budi Cahyana
Sabtu, 01 September 2018 - 22:07 WIB
Budi Cahyana
Asian Games 2018: Berkat Pemain Klub Eropa, Korea Kalahkan Jepang di Final & Para Pemain Bebas dari Wajib Militer Son Heung Min merayakan kemenangan Korea Selatan atas Jepang. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BOGOR - Karier para pemain profesional Korea Selatan selamat setelah mereka merebut emas sepak bola putra Asiam Games 2018. Dua pemain yang mencari nafkah di Eropa menjadi pahlawan Taeguk Warriors.

Korea Selatan menang 2-1 atas Jepang dalam final di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (1/9/2018) malam. Tiga gol di laga ini dihasilkan pada perpanjangan waktu. Dua gol Jepang dilesakkan Lee Seung-woo di menit 93 dan Hwang Hee-chan di menit 101. Adapun gol Jepang dilesakkan Ayase Ueda di menit 116.

Advertisement

Jepang menerapkan pertahanan rapat sepanjang 90 menit sehingga Korea sangat kerepotan. Son Heung-min bahkan nyaris tak berkutik karena selalu ditempel dua hingga tiga pemain saat menguasai bola.

Sesekali Son bisa menciptakan peluang, tetapi striker tunggal Hwang Ui-jo dikurung. Sementara, Hwang Hee-chan juga kesusahan menyerang dari sayap.

Di babak tambahan, pertahanan solid Jepang runtuh juga. Saat laga berjalan tiga menit, Son mengirim umpan yang diselesaikan dengan tendangan keras oleh Lee Seung-woo, penyerang 20 tahun yang merumput di klub Serie B Hellas Verona.

Di menit 101, Son, yang rela meninggalkan tiga laga awal Liga Premier bersama Tottenham demi tampil di Asian Games 2018, mengirim bola sepak pojok yang disambut tandukan penyerang Red Bull Salzburg Hwang Hee-chan. Korea unggul 2-0.

Jepang kemudian meningkatkan intensitas serangan di babak kedua perpanjangan waktu. Sementara, Korea bertahan. Jepang mampu memperkecil ketinggalan lewat ayunan kepala Ayase Ueda pemain klub amatir Universitas Hosei di menit 116. Korea kemudian bertahan dengan baik dan menjaga keunggulan.

Medali emas ini sangat penting karena menjadi pengganti wajib militer 21 bulan. Para pemain Korea kini hanya perlu menjalani wajib militer singkat empat pekan. Dengan demikian, karier mereka di klub profesional bisa selamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement