Advertisement

Grup-Grup Paling Berat di Liga Champions 2018/2019

Budi Cahyana
Jum'at, 31 Agustus 2018 - 05:25 WIB
Budi Cahyana
Grup-Grup Paling Berat di Liga Champions 2018/2019 Trisula maut PSG bergabung di grup berat pada fase penyisihan Liga Champions 2018/2019. - Reuters/Christian Hartmann

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Undian fase grup Liga Champions 2018/2019 telah digelar di Grimaldi Forum, Monaco, Kamis (30/8/2018) pukul 23.00 WIB. Grup C menjadi grup paling berat di antara delapan grup lainnya. Grup lain yang juga tak enteng adalah B, H, dan G.

Grup C tergolong paling sulit karena diisi tiga klub kuat, yakni Paris Saint-Germain (PSG), Liverpool, dan Napoli. PSG sejak lima tahun terakhir berambisi menjuarai Liga Champions, tetapi selalu mentok di perempat final. Klub tajir asal Ibu Kota Prancis itu mencoba beberapa pelatih ulung mulai dari Laurent Blanc, Carlo Ancelotti, hingga Unai Emery. Semuanya gagal.

Advertisement

Sekarang, PSG ditangani pelatih muda yang punya gagasan bagus soal sepak bola modern, Thomas Tuchel. Sementara, Liverpool adalah finalis musim lalu yang semakin kuat berkat kehadiran kiper Alisson Becker. Skuat PSG dan Liverpool tak banyak berubah, begitu juga dengan Napoli.

Klub Italia ini sekarang ditangani Carlo Ancelotti yang pernah menjuarai Liga Champions bersama AC Milan dan Real Madrid. Satu lagi penghuni Grup C adalah Crvena Zvezda. Klub ini dulu bernama Red Star Belgrade, juara Piala Champions 1990-1991.

Penyerang Liverpool Sadio Mane menilai Liverpool sudah terbiasa melakoni laga-laga besar musim lalu sehingga tak akan bermasalah jika bertemu dengan tim-tim unggulan di babak penyisihan.

“Kami telah memainkan laga-laga besar dan kami tahu bagaimana rasanya. Sekarang kami hanya harus melakukan pekerjaan yang sama seperti musim lalu dan pengalaman itu akan membantu kami. Saya tak keberatan bertemu tim unggulan karena kami adalah tim yang bagus,” ujar dia di laman resmi Liverpool.

Musim lalu Liverpool melaju ke final Liga Champions setelah mengalahkan Manchester City, AS Roma, dan Sevilla di fase gugur. Di partai puncak, The Reds kalah dari Real Madrid. Dua gol Gareth Bale dan satu gol Karim Benzema hanya dibalas oleh satu gol Sadio Mane.

Selain Grup C, Grup lain yang lumayan berat adalah B, H dan G. Di Grup B, Barcelona bakal melawan Tottenham Hotspur dan juara Liga Champions 2009/2010, Internzionale.

Barcelona jelas favorit, disusul Tottenham yang semakin stabil di bawah asuhan Mauricio Pochettino. Sementara, Inter Milan yang dilatih Luciano Spalleti kini menyusun kekuatan baru untuk menyaingi Juventus di Serie A.

Spurs dan Inter kali pertama bertemu pada Oktober 2010. Di laga itu, Gareth Bale pamer kekuatan dan mulai dikenal sebagai pemain hebat Eropa, Bale mencetak hattrick meski Spurs kalah 3-4 dari Inter yang berstatus juara bertahan.

Di Grup H, Cristiano Ronaldo yang sekarang membela Juventus akan bertemu klub lamanya, Manchester United. Cristiano Ronaldo mencetak gol dalam dua perjumpaan dengan United di Liga Champions, yakni pada Februari 2013 dan Maret 2013. Adapun di Grup G, juara bertahan Real Madrid bakal menghadapi semifinalis musim lalu, AS Roma.
PEMBAGIAN GRUP LIGA CHAMPIONS 2018/2019

Grup A: Atletico Madrid, Borussia Dortmund, Monaco, Club Brugge

Grup B: Barcelona, Tottenham Hotspur, PSV, Internazionale

Grup C: PSG, Napoli, Liverpool, Crvena Zvezda

Grup D: Lokomotiv Moscow, Porto, Schalke, Galatasaray

Grup E: Bayern Munchen, Benfica, Ajax, AEK Athens

Grup F: Manchester City, Shaktar Donetsk, Lyon, Hoffenheim

Grup G: Real Madrid, Roma, CSKA Moscow, Plzen

Grup H: Juventus, Manchester United, Valencia, Young Boys

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Proliga 2024 Kamis 24 April, Pertandingan Pertama LavAni vs Garuda Jaya

Olahraga
| Kamis, 25 April 2024, 09:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement