Soal Uji Coba Lawan Arema FC, Ini Kata Pelatih PSIM Jogja

Pertandingan PSIM Jogja melawan Kalteng Putra di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis (19/7/2018) - Harian Jogja/Jumali
26 Agustus 2018 13:55 WIB Jumali Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - PSIM Jogja membidik Stadion Moch Soebroto, Magelang sebagai lokasi dihelatnya laga lanjutan Liga 2 2018 melawan PSBS Biak, Rabu (5/9/2018) mendatang. Langkah ini dilakukan, menyusul belum adanya kejelasan izin penggunaan Stadion Sultan Agung, dari Pemkab setempat untuk PSIM Jogja.

Oleh karena itu, direncanakan skuat PSIM Jogja akan menjalani latihan di Stadion Moch Soebroto menjelang digelarnya laga melawan tim asal Papua tersebut. Latihan ini penting dilakukan agar Hendika Arga dan kawan-kawan cepat beradaptasi dengan kondisi lapangan yang ada.

"Idealnya minimal tiga kali kami latihan di sana. Kemungkinan akan kami gelar mendekati pelaksanaan pertandingan melawan PSBS," ujar pelatih PSIM Jogja Bona Simanjuntak kepada Harian Jogja, Minggu (26/8/2018).

Menurut Bona, sejatinya pihaknya tetap berkeinginan agar laga kandang melawan PSBS bisa digelar di Stadion Sultan Agung Bantul. Namun, pilihan untuk menggelar pertandingan kandang di Magelang terpaksa harus digelar jika pengajuan izin ke pengelola stadion dan Pemkab setempat ditolak. "Karena anak-anak sudah terbiasa dengan Stadion Sultan Agung," lanjutnya.

Sebagai langkah awal, Bona berharap pada latihan yang digelar di Magelang nantinya, pihaknya sudah dapat menemukan tim selevel ataupun satu level di atasnya untuk beruji coba. Mengingat sampai saat ini belum ada kejelasan lawan baik dari Liga 1 maupun Liga 2 yang akan beruji coba dengan PSIM Jogja.

PSIM Jogja sendiri sempat mendapatkan tawaran uji coba dengan sejumlah tim Liga 1, seperti Madura United dan PSIS Semarang. Namun, dalam perkembangannya, batal digelar.

"Terakhir ada tawaran dari Arema FC, namun juga enggak jadi. Ya, mungkin nanti di Magelang kami akan uji coba dengan PPSM atau Persikama, jika memang sudah tidak ada uji coba dari tim Liga 1 maupun Liga 2," terangnya.

Menurut Bona, saat ini pihaknya lebih memilih untuk memaksimalkan laga uji coba dengan tim lokal yang ada di DIY, sebelum nantinya menjalani latihan di Magelang. Sedikitnya dua kali uji coba, lanjut mantan pemain PSMS Medan telah dijalani oleh anak asuhnya di Stadion Dwi Windu, Bantul, pada pekan lalu. Alhasil, melalui uji coba ini, dirinya mampu melihat perkembangan pemain.

"Secara sekilas, di uji coba pada Jumat (24/8/2018) dan Sabtu (25/8/2018), kelihatan permainan anak-anak. Namun, kan lawan saat itu berada di bawah kami. Kami tetap butuh lawan selevel untuk evaluasi penampilan anak-anak nantinya," terang Bona.