Para Pemain Anyar yang Langsung Curi Perhatian

Andre Silva - Reuters/Sergio Perez
23 Agustus 2018 23:10 WIB Hanifah Kusumastuti Sepakbola Share :

Harianjiogja.com, JOGJA - Keputusan berat dibuat Andre Silva pada musim panas ini. Dia memilih meninggalkan AC Milan untuk bergabung dengan Sevilla sebagai pemain pinjaman.

Padahal, Silva baru semusim membela Rossoneri, julukan Milan. Dia dibeli Milan sebagai pemain termahal kedua pada musim panas 2017/2018 dari Porto dengan banderol 38 juta euro (Rp643,3 miliar). Namun, Silva dianggap gagal bersinar bersama Milan dan memilih hengkang setelah klubnya mendatangkan beberapa striker baru.

Meski bestatus sebagai pemain gratisan, Silva langsung bersinar dalam debutnya dengan Sevilla saat melawan Rayo Vollecano pada jornada pertama Liga Spanyol, akhir pekan lalu. Penyerang Timnas Portugal tersebut moncer dengan hattrick untuk membawa tim Andalusia tersebut melesat dengan kemenangan 4-1.

Silva menahbiskan diri sebagai pemain pertama yang mampu menorehkan hattrick dalam laga debut di Liga Primera sejak legenda Brasil, Romario, melakukkannya bersama Barcelona melawan Real Sociedad pada 1993 alias seperempat abad silam.

"Ini adalah debut impian, saya sangat bangga. Saya melakukan apa yang diinginkan pelatih, saya bekerja keras dan peluangku pun datang. Anda tidak boleh membatasi diri sendiri maka kesempatan akan datang," jelas Silva, seperti dilansir sevillafc.es, Rabu (22/8/2018).

Silva bukan satu-satunya pemain gratisan yang mencuri perhatian pada laga pembuka di lima liga top Eropa. Gelandang baru Chievo, Emanuele Giaccherini, juga menorehkan start gemilang dengan melesakkan satu gol penalti dan satu assist saat timnya ditundukkan uventus 2-3 pada giornata pembuka Seri-A 2018/2019. Giaccherini nyaris membuat timnya menang 2-1, namun Juve bangkit karena gol bunuh diri Mattia Bani dan gol detik-detik akhir Federico Bernadeschi.

Pemain gratisan Seri-A lain yang tampil memuaskan yakni Antonio Barilla. Pemain yang didatangkan dari Sampdoria dengan free transfer tersebut melesakkan gol kedua Parma ketika ditahan Udinese 2-2, akhir pekan lalu.

Dari Liga Premier Inggris, striker baru Everton, Richarlison, langsung tampil menggigit dengan melesakkan gol kedua ketika timnya menjinakkan Southampton 2-1. Pada match week pembuka, mantan penyerang Watford tersebut memborong dua gol The Toffees, julukan Everton, ketika bermain imbang 2-2 atas Southampton.

Total, Richarlison mengoleksi tiga gol dan satu assist dalam dua laga pembuka Liga Premier. Dia bersanding dengan Sergio Aguero dari Manchester City dan Saido Mane asal Liverpool dalam daftar top scorer sementara Liga Premier dengan masing-masing tiga gol. 

Sumber : JIBI/Solopos